mediabogr.com, Bogor – Masih dalam suasana liburan Hari Raya, jika sebagian dari Anda berlibur di sebuah daerah yang memiliki cuaca yang kerap kali berubah – ubah, tentunya tubuh Anda memerlukan asupan agar daya tahan tubuh meningkat supaya tidak mudah terserang penyakit. Selain dengan beristirahat dan berolahraga, mengonsumsi makanan tertentu terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda menjadi meningkat. Seperti 12 bahan makanan alami berikut.

1. Kubis

Kubis atau yang biasa disebut lobak merupakan salah satu sumber glutathione yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kubis harganya cukup murah. Tambahkan berbagai macam jenis kubis dalam sup Anda, baik yang merah, putih, maupun kubis Cina. Niscaya antioksidan Anda akan bertambah.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab bisul dan sakit perut. Biasakan membiarkan bawang putih selama 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Bayam

Makanan yang terkenal sebagai kesukaan Popeye ini kaya akan nutrisi. Bayam mengandung folat yang membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Selain itu, bayam juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan banyak zat bermanfaat lainnya. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah maupun dimasak sebentar.

4. Teh

Anda suka teh hijau atau teh hitam? Tidak perlu ragu karena keduanya sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.

5. Semangka

Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, semangka yang matang mengandung banyak antioksidan glutathione yang dikenal membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Glutathione tersebut dapat ditemukan dalam daging buah semanga yang berwarna merah.

6. Tiram

Makanan yang satu ini mengandung banyak mineral seng (zinc). Penelitian menunjukkan, asupen seng yang tinggi berkaitan erat dengan kesuburan. Kandungan zinc tersebut juga memiliki efek antivirus. Perannya tampak dalam penyembuhan luka.

7. Yoghurt

Secangkir yoghurt setiap hari dapat menghindari tubuh Anda dari kedinginan. Carilah label yoghurt yang menuliskan “bakteri hidup dan kultur aktif”. Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru tentang vitamin D terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko kedinginan dan terkena flu.

8. Gandum

Inti dari benih gandum yang disebut wheat germ memiliki kandungan gizi yang tinggi, di antaranya seng, antioksidan, vitamin B, serta vitamin dan mineral penting lainnya. White germ juga mengandung campuran serat, protein, dan beberapa lemak yang baik.

9. Kacang Almond

Tahukah Anda, bila mengalami stres, maka hal itu sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh? Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. Anda disarankan mengonsumsi 1/4 cangkir almond karena dalam takaran tersebut sudah mengandung 50 persen dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu Anda bangkit kembali dari dampak stres.

10. Jamur Kancing

Jamur sebenarnya memiliki kandungan mineral selenium dan antioksidan yang tinggi. Berdasarkan penelitian, rendahnya selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjangkit flu yang lebih parah. Selain itu, kandungan riboflavin dan niacin yang terkandung dalam jamur kancing berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa jamur juga memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.

11. Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan dasar tubh. Penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Plus, nutrisi yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan. Selain itu, brokoli juga memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione.

12. Ubi Jalar

Umbi yang satu ini memiliki beta karoten-antioksidan yang melawan radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang berguna memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. (Rangga)