mediabogor.com Bogor- Dibawah guyuran hujan 129 anggota pramuka yang terdiri dari Pramuka Siaga 36 orang, Pramuka Penggalang 78 orang, Pramuka Penegak 13 orang dan Pramuka Pandega 1 orang, menerima pengukuhan pin Pramuka Garuda Sabtu (27/26) di Plaza Balaikota Bogor Tengah Kota Bogor. Pengukuhan tersebut dilakukan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor H.Ade Sarip Hidayat yang sebelumnya sudah diseleksi secara ketat. Pasalnya, pramuka Garuda turut mengemban nama baik kepramukaan. “Pramuka yang dilantik menjadi pramuka Garuda sudah memiliki keahlian pramuka, wawasan dan paham nilai dasa dharma pramuka yang sudah teruji baik dari teori dan kegiatan langsung. Hal yang paling utama dari penyematan pin garauda ini pribadi anggota pramuka harus dijaga baik karena mendapatkan predikat ini tidaklah mudah,” ujar Ade.

Ade menuturkan, Pramuka Garuda bertanggungjawab menjaga nama baik Pramuka karena predikat ini juga merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi seorang anggota pramuka yang disejajarkan dengan prestasi akademis atau non akademis lainnya. “Selain pengukuhan pramuka garuda, Kwarcab juga menyerahkan pin kepada 32 anggota pramuka yang sudah mengikuti Jambore Nasional,” jelas orang nomor tiga di Kota Hujan ini.

Salah satu penerima pin Garuda, Irwansyah mengatakan, sebelum dikukuhkan dirinya harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan bagi seorang pramuka penegak. Sebut saja tanda kecakapan umum harus laksana, tanda kecakapan khusus minimalnya sepuluh, aktif digugus depan dan mempunyai sertifikat kegiatan Pramuka. Seleksi, menurutnya, sudah dilakukan sejak Rabu (03/16) hingga (10/16) lalu dengan berbagai tahapan seleksi. Mulai dari seleksi adminitrasi, tes kepramukaan, tes bakat, tes agama, tes bahasa sunda dan bahasa inggris, tes manajamen dan terakhir tes wawancara orangtua. “Saya senang bisa terpilih jadi pramuka Garuda karena ini memang keinginan saya sejak dulu. Harapan saya menjadi pramuka Garuda agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan contoh bagi adik kelas,” pungkas siswa MAN 1 Kota Bogor pada mediabogor.com.(Ut)

Foto: Utay