mediabogor.com, Bogor – Sariawan adalah luka dangkal yang terjadi di dalam mulut, di dinding gusi, dan di lidah. Jika Anda pernah merasakan sariawan, pasti Anda tahu sakitnya seperti apa, semua itu disebabkan karena beberapa hal di antaranya stres, kurangnya kebersihan gigi, alergi makanan, ketidakseimbangan hormon, gangguan pencernaan, gigitan tak disengaja, flu, panas tinggi, pola makan buruk, dan lainnya. Ada obat yang tersedia di apotek untuk menyembuhkan sariawan. Namun, Anda dapat mengobati sendiri dengan beberapa bahan tradisional. Berikut empat cara sembuhkan sariawan seperti yang dilansir dari laman Boldsky,

1. Santan

Kumur mulut Anda dengan santan. Ini dapat menenangkan peradangan di mulut dan mengurangi sariawan.

2. Daun ketumbar

Obat alami ini dapat menyembuhkan sariawan. Masukan daun ketumbar yang sudah dibersihkan ke dalam air mendidih. Di jus juga boleh, kemudian kumur-kumur.

3. Air panas dan dingin

Kumur mulut Anda dengan air dingin atau panas untuk meringankan peradangan sehingga sariawan berkurang hingga batas tertentu.

4. Biji Fenugreek

Rebus beberapa biji fenugreek dalam air, saring dan berkumurlah dengan air tersebut. Obat rumahan ini sangat efektif dalam mengobati sariawan. (Rangga)

Foto:Istimewa