mediabogor.com, Bogor – Duduk berlama – lama bisa jadi menyebabkan sakit punggung, hal ini sudah pasti sangat mengganggu aktivitas. Sakit punggung jangan didiamkan karena selain membuat tidak nyaman, juga bisa menjadi lebih parah karena ketegangan otot di area persendian tulang belakang, pinggul, dan bahu. Segera lenyapkan sakit punggung dengan empat gerakan ringan yang disarankan oleh Anne Asher,  pembimbing kesehatan, pelatih fitnes bersertifikat dan spesialis ortopedi olahraga dari Amerika Serikat ini, seperti yang telah dirangkum oleh health.kompas.com

Langkah Pertama

Berbaring telentang di matras dengan lutut ditekuk dan telapak kaki Anda menempel di lantai. Letakkan tangan Anda pada perut. Tarik napas perlahan dan dalam melalui hidung. Saat menarik napas, perut akan membesar sehingga posisi rusuk sedikit lebih rendah dari puncak perut.  Buang napas melalui bibir yang dikerucutkan sambil sedikit menekan perut dengan tangan. Ulangi beberapa kali.

Langkah Kedua

Untuk segera menetralkan tulang belakang, tetaplah berbaring telentang dengan lutut ditekuk. Lalu tarik napas sambil mengangkat pinggul ke atas kemudian turunkan ke posisi awal sambil mengembuskan napat. Lakukan beberapa kali sambil sesekali menahan gerakan ketika posisi pinggul diangkat ke atas.

Langkah Ketiga

Ini adalah salah satu gerakan favorit pelenyap sakit punggung. Berbaring telentang dengan kaki menjulur lurus. Tarik salah satu kaki hingga lutut tertekuk. Peluk lutut yang ditekuk dengan kedua tangan lalu angkat lutut ke arah dada. Jika memungkinkan dan tidak menimbulkan sakit, angkat sedikit kepala Anda saat lutut ditarik ke dada. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan lutut yang satu lagi. Kembali ke posisi awal, tekuk kedua lutut lalu peluk lutut dengan kedua tangan dan tarik ke arah dada. Ulangi beberapa kali.

Langkah Keempat

Aspek lain untuk menguatkan otot-otot utama termasuk perut dan punggung adalah menguatkan otot perut bagian atas dan bahu. Tetap berbaring di lantai dengan kaki menjulur lurus, tangan di samping tubuh. Tarik napas sambil menekuk kedua lutut (jangan dirapatkan) dan angkat kedua tangan lurus ke atas, ujung jari menghadap langit-langit. Tahan beberapa detik lalu kembali ke posisi awal sambil mengembuskan napas. Ulangi 5-10 kali. (Rangga)