mediabogor.com, Bogor – Inkontinensia urine atau yang lebih dikenal dengan beser ini merupakan suatu kondisi dimana kita tidak dapat mrenahan hasrat ingin berkemih sehingga membuat kita sering bolak balik ke kamar mandi. Beser ini tentu sangat mengganggu kan? Ada beberapa hal yang mempengaruhi teradinya beser ini, berikut Hal – hal yang dapat mempengaruhi terjadinya beser dan cara mengatasinya, seperti yang telah dirangkum oleh rubikita.com, antara lain:

1Terlalu banyak minum air putih

Air kencing yang di produksi oleh tubuh kita bergantung pada jumlah asupan air yang kita konsumsi, semakin banyak air yang kita minum tentu semakin banyak pula air kencing yang di produksi oleh tubuh. Namun hal ini masih dalam tahap wajar dan normal, meminum air putih dalam jumlah yang banyak akan membantu tubuh mengeluarkan racun, jadi tetap lanjutkan kebiasaan sehat ini ya.

Back

Pemaparan diatas ialah beberapa hal yang bisa menyebabkan beser, nah sekarang giliran cari tahu bagaimana cara mengatasi beser ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi beser, baca sampai selesai ya tips tentang cara mengatasi beser secara alami.

Latihan Kegel

Dulu pas kuliah sistem perkemihan pernah diajarin senam kegel, katanya bu dosen sih bisa melatih otot otot perkemihan agar bisa berfungsi dengan baik untuk mengendalikan hasrat ingin pipis sehingga tidak beser lagi. Caranya cukup mudah kok, sobat cukup fokus, kendorkan otot panggul dan otot perut pada waktu bersamaan. Kalau sobat bingung dengan gerakan senamnya, gerakannya itu seperti saat sobat lagi pipis terus sobat tahan selama 5 detik dipipiskan lagi, di tahan lagi begitu seterusnya. Latihan ini juga bisa dilakukan kapan saja misal saat duduk, berdiri, berjalan atau saat tiduran. Latihannya nggak perlu  lama – lama, cukup beberapa menit saja.

Menggunakan daun Jamblang atau daun duwet

Bahan yang perlu di sediakan antara lain:

  • 3 lembar daun jamblang atau daun duwet
  • 2 jari tangan kulit pohon jamblang
  • 1 jari tangan kunyit

Cara membuat: cuci bersih semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi. potong kecil kecil semua bahan lalu rebus dengan 5 gelas air, rebus hingga tersisa 3 gelas saja. minum 3 kali dalam sehari cukup 1/2 gelas setiap selesai makan. Lakukan rutin selama satu minggu, jika belum ada perubahan hentikan pengobatan dan segera konsultasikan ke dokter, mungkin ada hal yang lebih serius mengenai sistem perkemihan sobat. (Rangga)

foto: Istimewa

TINGGALKAN KOMENTAR