mediabogor.com, Bogor – Melakukan aktifitas bekerja yang dituntut untuk serba cepat, bahkan kadang kita harus begadang untuk mengerjakan tugas hingga tuntas, ternyata hal tersebut dapat menambah tekanan pada tubuh kita. Ini akan mempengaruhi kelenjar adrenal dan bisa menyebabkan kelelahan serta stres. Tentu hal itu bisa mengakibatkan kenaikan berat badan, insomnia, dan perubahaan suasana hati. Agar tubuh kita tetap sehat dan pekerjaan selesai mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana ini, seperti yang dikutip Dailymail

Atur pernafasan

Apakah pernafasan Anda sudah benar? Kita semua harus tahu bagaimana melakukan ini dengan benar. Ini memang hal yang biasa, tetapi Anda harus tahu seberapa dalam, seberapa efektifnya Anda hirup udara yang berdampak pada otot-otot dan kesehatan. Bernapas dengan benar berarti tubuh kita sedang dipasok oksigen dengan jumlah yang tepat. Mengisi otak, dan organ vital lainnya dengan nutrisi penting.

Garam merah jambu Himalaya

Garam merupakan bagian penting dari semua kehidupan manusia dan hewan. Tubuh kita menggunakan garam untuk mempertahankan beberapa fungsi esensialnya. Hal itu membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan air, sinyal saraf. Namun, terlalu banyak garam juga bisa berbahaya. Untuk itu, sebaiknya ganti garam meja standar Anda dengan garam merah muda Himalaya, yang berbentuk halus, dan mengandung natrium klorida, dan sejumlah kecil mineral. Mineral ini membantu fungsi tubuh termasuk adrenal, dan kekuatan tulang.

Konsumsi spirulina

Makanan hijau seperti spirulina (ganggang hijau) dapat membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh, dan membantu mengurangi peradangan, serta mendukung energi. Mikronutrien ini membantu melindungi Anda dari efek stres, terutama vitamin B, dan magnesium.

Mulai hari dengan tenang

Bagi Anda yang kerap menggunakan alarm untuk membangunkan tidur Anda, sebaiknya atur satu jam sebelum waktu bangun. Sehingga tubuh Anda siap untuk menjalani aktivitas. Dengan cara ini, tubuh lebih hangat, dan kortisol hormon stres tidak menendang. Jika kita dikagetkan dengan alarm di mana Anda harus bangun di jam yang mepet maka akan membingungkan hormon stres.

Minum teh hijau

Kafein tidak terlalu buruk untuk Anda, asalkan Anda tahu dari mana asupan itu berasal. Sebagian orang yang stres mungkin karena lelah biasanya mereka meraih kopi untuk mendorong energi. Tapi dosis tinggi kafein dan zat perangsang dalam kopi sebenarnya membuat tubuh lebih banyak hormon stres sehingga dapat meningkatkan stres. Ahli gizi Cassandra Barns menjelaskan, “Teh hijau memang mengandung kafein, tetapi lebih sedikit dari kopi. Alasan utama teh bisa menjadi pilihan yang lebih baik saat stres karena adanya zat alami yang disebut L-theanine, yang memiliki efek relaksasi pada pikiran, mengurangi kecemasan, dan membantu fokus dan konsentrasi.” (Rangga)

Foto : Istimewa