mediabogor.com, Bogor – Varises atau munculnya tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan di bagian betis tak hanya mengurangi keindahan penampilan. Namun, juga dapat mengganggu kesehatan. Selain faktor usia, varises muncul karena gaya hidup yang salah. Berikut ini adalah lima gaya hidup untuk mencegah varises, seperti yang telah dihimpun dari kompashealth.com

1. Aktif secara fisik

Salah satu penyebab varises muncul adalah terlalu banyak diam. Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah mengumpul di pembuluh darah. Otot-otot yang aktif dan bekerja dari kaki akan berkontraksi dan mendorong darah melalui pembuluh darah kembali ke jantung, sehingga dapat mencegah varises.

2. Mengonsumsi vitamin C dan protein

Pastikan bahwa Anda cukup mengonsumsi vitamin C dan protein, karena kedua adalah komponen penting dari kolagen, yang dapat mencegah varises muncul.

3. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan tidak hanya memberi dampak buruk bagi kesehatan, namun juga dapat mimicu timbulnya varises. Mereka yang memiliki bobot kaki yang besar tidak mampu memompa kembali darah ke jantung, sehingga menyebabkan varises.

4. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk atau berdiri dapat memperlambat proses pemompaan darah dalam tubuh. Maka itu, penting untuk meregangkan kaki dan berjalan setiap setengah jam, terutama jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk berlama-lama. Begitu pun sebaliknya, bagi Anda yang memiliki pekerjaan berdiri berjam-jam.

5. Menggerakkan kaki Anda

Mengencangkan otot kaki dengan menekuk kaki, baik naik dan turun dapat membantu mengedarkan darah dengan baik ke pembuluh darah. Anda dapat melenturkan kaki dengan naik dan turun selama 5 menit dalam keadaan duduk. Kemudian, memutar kaki searah maupun berlawanan arah jarum jam selama 5 menit. Lakukan setiap hari latihan kaki ini untuk mencegah varises. (Rangga)

Foto:Istimewa