mediabogor.com, Bogor – Sariawan atau dalam bahasa lain disebut dengan stomatitis aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan, ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya sariawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan┬ávitamin C┬ádan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktorpsikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit. Namun jangan khawatir, sebagaimana telah disebutkan, sariawan relatif mudah diatasi, antara lain dengan cara-cara tradisional seperti berikut, yang telah dikutip dari health.kompas.com

1. Hindari makanan asam dan manis

Begitu sariawan datang, hindari dulu minum jus jeruk atau apapun yang rasanya asam. Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar, dan memperpanjang proses penyembuhan, kata Rajan Sharma, DDS, pemilik EON Clinic. “Perlu diingat, bahwa bakteri dalam mulut Anda juga dapat mengubah gula menjadi asam,” tambahnya. “Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan memperpanjang proses penyembuhan sariawan.”

2. Ganti pasta gigi Anda.

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS)dapat memicu sariawan pada beberapa orang. Pasta gigi bebas SLS mungkin tidak bisa menghilangkan sariawan tapi setidaknya tidak mengiritasi sariawan sebanyak pasta gigi lainnya.

3. Berkumur dengan air garam.

Ini adalah metode yang dianjurkan oleh beberapa dokter gigi. Meski rasanya sangat tidak menyenangkan, tetapi cairan garam bekerja cukup baik untuk membantu mempercepat kesembuhan. Garam punya sifat membersihkan dan mengeringkan luka, serta mematikan rasa sakit untuk sementara.

4. Berkumur dengan baking soda.

Baking soda bersifat alkali, sehingga dapat membantu menetralkan asam di mulut yang memperparah rasa sakit, sambil membersihkan dan menenangkan rasa nyeri pada saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda campur ke dalam secangkir air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari selama beberapa menit.

5. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Crutchfield merekomendasikan berkumur dengan hidrogen peroksida untuk mengobati sariawan. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan, tetapi rasanya tidak seperti air garam.
Campur hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan 1:1.

6. Oleskan susu magnesium (milk of magnesia)

Anda mungkin tahu susu magnesium, atau magnesium hidroksida yang digunakan sebagai bahan dasar obat sakit maag dan sembelit. Nah, ternyata susu magnesium juga dapat membantu dalam mengalahkan sariawan. Seperti, baking soda, susu magnesium bersifat alkali, yang dapat menetralkan asam lambung dan asam di mulut. Susu magnesium juga membentuk lapisan di atas, luka untuk sementara luka terlindungi dari iritasi. Anda bisa menggunakan susu magnesium untuk berkumur atau langsung dioleskan ke bagian mulut yang sariawan. (Rangga)