mediabogor.com, Bogor – Ada beberapa gerakan atau mungkin ucapan yang kerap kali kita lakukan ketika sedang stres. Cara-cara tersebut bila dilakukan sepertinya bisa melepaskan stres atau kekesalan yang melanda. Menurut Livestrong, stres kronis dapat membahayakan ingatan serta membuat Anda jadi mudah murung dan tersinggung. Lalu hal ini juga dapat memengaruhi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Namun, mengeluh bukan satu-satunya cara untuk melepaskan stres. Ada banyak cara mudah dan alami agar stres dapat berkurang dengan mudah, seperti yang dilansir dari laman Bustle.

1. Pijat

Daripada marah-marah lebih baik mendatangi panti pijat untuk mendapatkan pijatan agar tubuh rileks. Menurut dokter Mark Rapaport, orang yang melakukan studi terhebat 53 orang dewasa bisa mengurangi stres serta meningkatkan sel darah putih (hal ini bisa mendorong sistem kekebalan tubuh). Lalu, sentuhan pijatan juga bisa meningkatkan kadar oksitosin.

2. Menonton sesuatu yang lucu

Segera buka video-video lucu seperti aksi kucing menggemaskan ataupun aksi para komik stand up comedy. Menonton video-video lucu bisa membuat Anda tertawa sehingga mudah membuat semangat kembali bangkit. Penelitian di Happify menunjukkan tertawa bisa menurunkan stres, meningkaktan kekebalan tubuh, serta meningkatkan imunitas tubuh.

3. Olahraga

Tidak peduli seberapa Anda tidak suka olahraga, ini merupakan cara mudah paling mudah melepaskan stres. Menurut penelitian yang dilakukan Happify, orang yang berolahraga 30 menit bisa menurunkan kesedihan serta menurunkan perasan marah dan depresi.

4. Tulis kekesalan

“Ada banyak cara untuk melepaskan stres tanpa mengganggu orang lain,” kata psikolog Nicole Martinez.
Mulai dari yoga, mendengarkan musik, menonton film lucu, serta menuliskan kekesalan di jurnal. Aktivitas tersebut mampu membuat distraksi sementara bila sambil menuliskan kekesalan bisa jadi salah satu cara refleksi dan menurunkan kekesalan.

5. Makan pisang

Menurut LifeHack, makan pisang bisa menurunkan kecemasan. Hal ini terjadi karena ada kandungan potasium di dalamnya.

6. Kunyah permen karet

Tak hanya bagus bagi pernapasan, tapi mengunyah permen karet juga bisa menurunkan tingkat stres. (Rangga)

Foto: Istimewa