mediabogor.com, Bogor – Padatnya aktivitas ditambah lagi harus menghadapi kemacetan lalu lintas dan kurangnya jam tidur, beberapa dari hal tersebut dapat menimbulkan rasa lelah pada diri kita. Namun perlu diperhatikan, kelelahan bukan hanya terjadi karena hal – hal yang berasal kegiatan Anda, ada pun bisa berasal dari asupan Anda. Mungkin ini kelihatannya sepele, tapi justru dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah. Berikut ini adalah tujuh hal yang dapat membuat tubuh lelah yang telah dirangkum oleh kompashealth.com

Kurang minum

Kekurangan cairan berakibat dehidrasi, yang dapat memengaruhi energi. Tanpa asupan cairan yang cukup, tekanan darah bisa drop, sehingga membuat tubuh menjadi lelah. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat memperlambat pasokan oksigen ke otak, yang dapat membuat energi terkuras. Maka, dianjurkan untuk minum air secukupnya setidaknya enam sampai delapan gelas sehari.

Penyakit tiroid

Keletihan bisa menjadi gejala adanya masalah tiroid. Sebab, penyakit tirioid menimbulkan perasaan lelah. Maka, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah kelelahan yang dialami normal atau karena adanya suatu penyakit.

Kekurangan Mineral

Kekurangan mineral dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, salah satunya magnesium. Magnesium memainkan peran penting dalam menegakkan kadar glukosa darah, kesehatan otot, dan fokus, sehingga kekurangan magnesium dapat membuat tubuh lelah. Anda bisa menemukan magnesium dalam sayuran atau dan kacang-kacangan.

Melewatkan sarapan

Sarapan bekerja sebagai bahan bakar di pagi hari untuk tubuh Anda. Makanan yang Anda makan di malam hari membantu untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari, maka Anda harus mengisi bahan bakar itu untuk mendapatkan energi. Jika Anda melewatinya, maka Anda akan merasa lelah.

Kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah lebih juga dapat membuat tubuh lelah. Hal ini disebabkan kafein mengganggu siklus tidur dan kurang tidur, sehingga membuat Anda merasa lebih lesu.

Gangguan tidur

Ini merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang, sehingga tak jarang membuat badan lelah. Ada berbagai macam hal yang membuat tidur menjadi terganggu, seperti terbangun karena mendengar suara mendengkur atau mengalami insomnia. Tak heran, membuat tubuh lelah ketika pagi hari. (Rangga)

Foto:Istimewa