Dehidrasi

mediabogor.com, Bogor – Tak merasa haus bukan berarti tubuh Anda sudah tercukupi kebutuhan cairannya. Ada beberapa gejala tak biasa yang sesungguhnya merupakan pertanda Anda mengalami dehidrasi, hanya saja mungkin Anda tidak menyadarinya.
Beberapa gejala seperti sakit kepala serta urine yang berwarna kuning pekat, gejala dehidrasi terkadang begitu samar sehingga menyerupai gejala penyakit lainnya.
Berikut enam tanda tak biasa yang menunjukkan Anda mengalami dehidrasi, yang dilansir dari laman Bustle dan telah dirangkum oleh liputan6.com/health

1Tak berkeringat saat berolahraga

Bila suatu hari Anda sama sekali tak berkeringat saat berolahraga, padahal biasanya Anda banjir keringat, ini bisa jadi pertanda Anda mengalami dehidrasi. Menurut penjelasan J. Timothy Lightfoot, Ph.D, direktur Huffines Institute for Sports Medicine And Human Performance di Texas A&M University, ketika tubuh jadi terlalu panas karena berolahraga, mereka melepaskan kelebihan panas melalui proses berkeringat agar suhu tubuh tetap normal. Jika tak ada cukup cairan di tubuh untuk memproduksi keringat, itu akan memengaruhi sistem kerja tubuh. Akibatnya, tubuh tak hanya berhenti berkeringat melainkan juga berisiko mengalami suhu tubuh yang terlalu tinggi. Panas terjebak di tubuh dan suhu tubuh akan semakin meningkat.

Back

TINGGALKAN KOMENTAR