mediabogor.com, Bogor – Bagi wanita rambut adalah mahkota yang harus dirawat dan dijaga setiap saat, tak terkecuali bagi wanita muslim yang wajib mengenakan hijab. Untuk merawat rambut bagi wanita berhijab, memang agak gampang-gampang susah. Sebab setiap harinya rambut berada dalam bungkusan kain, sehingga rambut tak mendapatkan kebebasan untuk bernapas. Namun tak perlu khawatir berlebih, berikut cara tepat untuk merawat rambut tetap indah dan sehat meski mengenakan hijab. Seperti dikutip dari laman Fustany dan m.liputan6.com/health

1. Pastikan untuk tidak mengenakan hijab terlalu erat

Mengikat hijab terlalu erat akan menyebabkan rambut dan bagian kepala tidak bisa bernapas. Kulit kepala juga membutuhkan ruang yang lebih longgar untuk bernapas, jika hijab terlalu erat maka akan membuat kulit kepala menjadi kering, gatal, dan rentan ketombe.

2. Gunakan hijab dari bahan katun atau sutera

Hijab berbahan katun dan sutera tidak akan menyebabkan rambut mudah patah dan kering. Karena jenis bahan yang halus ini, tidak akan membuat gesekan pada rambut yang merusak rambut. Jika Anda ingin menggunakan hijab yang terbuat dari kain seperti nilon dan poliester, pastikan untuk memakai bandana untuk melapisi dan melindungi kulit kepala dan rambut.

3. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan tarikan yang merusak rambut dari akarnya. Cobalah untuk sedikit melonggarkan ikatan pada rambut agar rambut tak mudah rontok.

4. Jangan lewatkan untuk menyisir rambut

Jika Anda memakai hijab dengan waktu yang lama, jangan lewatkan untuk menyisir rambut. Setidaknya Anda harus menyisir rambut sebanyak dua kali dalam sehari, sebab dengan menyisir rambut, sirkulasi darah akan lebih baik dan kulit kepala lebih sehat.

5. Jilbab yang simpel dan longgar itu yang terbaik.

Menggunakan jilbab tanpa bertumpuk-tumpuk dapat membuat rambut lebih bebas bernapas.

6. Jangan gunakan jilbab saat rambut basah

Untuk menjaga kesehatan rambut, hindari memakai jilbab saat rambut masih basah. Sebab rambut yang belum kering secara total akan membuat kondisi rambut lembab dan rentan akan ketombe.

7. Pijat kepala

Untuk menjaga kesehatan rambut bagi para wanita berhijab, Anda wajib melakukan masker rambut disertai dengan pijatan kepala yang merangsang sirkulasi darah dan mencegah kulit kepala kering. Pastikan untuk memijat kulit kepala dengan gerakan melingkar menggunakan minyak alami setiap hari selama lima menit. Dan memilih pengobatan yang efektif seperti masker rambut seminggu sekali dan produk khusus rambut lainnya yang cocok dengan jenis kulit kepala dan rambut Anda. (Rangga)