minuman kesehatan

mediabogor.com, Bogor – Mungkin sebagian dari Anda masih berpikir tentang minuman apa yang paling sehat untuk tubuh, mungkin Anda akan langsung menjawab air putih. Tapi sebenarnya, ada beberapa jenis minuman lain yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. “Beberapa minuman memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, dari menghilangkan penyakit ringan seperti gangguan pencernaan hingga meminimalkan risiko osteoporosis,” tutur Dan Nadeau, gelar M.D., direktur medis dari Exeter Hospital HealthReach Diabetes, Endocrinology and Nutrition Center di Exeter, New Hampshire. Inilah delapan jenis minuman sehat yang perlu Anda jadikan minuman favorit, seperti yang dikutip dari health.kompas

1.Teh hijau

Kini Hadir Aplikasi Mobile Play Store Media Bogor

Manfaat: Membantu mengurangi risiko osteoporosis, kanker, penyakit jantung. Teh hijau kaya akan flavonoid dan polifenol, antioksidan alami yang dapat melindungi sel-sel dari karsinogen (zat penyebab kanker) dan menghambat pertumbuhan tumor dengan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh.
Kalori: 0

2.Teh mint

Manfaat: Meringankan kram dan membantu menangkal gangguan pencernaan. “Mint adalah antispasmodic, sehingga dapat mengendurkan otot, yang memerangi kekakuan dan nyeri,” kata Susan Lark, gelar M.D., penulis The Chemistry of Success (Bay Books, 1999). Hal ini juga membantu pencernaan dengan mempromosikan gerakan makanan melalui saluran pencernaan.
Kalori: 0

3.Susu rendah lemak

Manfaat: Membantu mengurangi osteoporosis. Susu rendah lemak memiliki komponen makanan berupa karbohidrat yang sehat, protein dan sedikit lemak yang diserap perlahan-lahan oleh tubuh sehingga Anda kenyang lebih lama, kata Molly Pelzer, R.D., konsultan nutrisi di Tipton, Iowa. Susu rendah lemak juga membantu menstabilkan gula darah dan merupakan salah satu sumber kalsium.
Kalori: 120/230 ml

4.Susu kedelai

Manfaat: Menurunkan risiko penyakit jantung. Susu kedelai mengandung serat larut dan protein kedelai, yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Kalori: 81/230 ml

5.Cokelat panas

Manfaat: Meningkatkan mood dan dapat membantu melindungi diri kita terhadap penyakit jantung. Cokelat meningkatkan produksi serotonin, yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati. Rendahnya tingkat serotonin disinyalir berkaitan erat dengan kondisi depresi. Cocoa juga kaya akan polifenol, antioksidan tanaman yang berguna untuk melindungi sel terhadap kerusakan oksidatif yang dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

Kalori: 195/230 ml untuk minuman cokelat buatan sendiri; 115 untuk minuman dari campuran bubuk cokelat.

6.Jus tomat rendah sodium

Manfaat: Menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Produk olahan tomat kaya akan antioksidan likopene yang bermanfaat menurunkan risiko paru-paru, kanker perut, pankreas, usus, esofagus, mulut, payudara dan kanker leher rahim.
Kalori: 31/177 ml

7.Jus cranberry

Manfaat: Membantu mencegah penyakit gusi. Penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-bakteri dalam jus cranberry dapat melawan infeksi saluran kemih, juga dapat menurunkan risiko penyakit periodontal.
Kalori: 140/230

8.Jus jeruk

Manfaat: Dapat menangkal katarak, kanker dan cacat lahir serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk adalah sumber vitamin C, yang merupakan antioksidan yang kuat yang dapat melindungi kita terhadap berbagai penyakit termasuk katarak dan kanker paru-paru.
Kalori: 115/230 ml. (Rangga)

TINGGALKAN KOMENTAR