mediabogor.com, Bogor – Usia semakin bertambah wajar saja jika kemampuan mengingat juga berkurang. Tapi, Anda bisa mencoba cara untuk memperlambat penurunan dan meremajakan konsentrasi kita. Tak usah pusing-pusing karena bisa dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu Anda tetap fokus dan konsentrasi seperti dilansir dari Healthaim,

1. Kafein

Apabila kita mengonsumsi kafein dalam jumlah kecil, misalnya kafein dalam kopi, cokelat, dan lain-lainnya  bisa memberikan kewaspadaan agar kita lebih baik dalam berkonsentrasi. Tapi, hati-hati jangan berlebihan.

2. Gula

Ini maksudnya bukan gula yang Anda letakkan di dapur atau meja makan, melainkan glukosa yang berasal dari makanan yang Anda makan. Glukosa tersebut penting untuk membuat Anda waspada. Tapi, Anda juga harus waspada dengan makanan yang terlalu manis, terutama yang berasal dari makanan olahan karena lebih berbahaya untuk tubuh Anda.

3. Sarapan

Melewatkan sarapan bisa merusak memori dan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan untuk makan semangkuk sereal, susu, dan buah-buahan sebelum melakukan rutinitas di pagi hari. Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

4. Makan Ikan

Asam lemak Omega-3 hadir dalam ikan. Kandungan tersebut jelas sebagai booster memori dan baik untuk jantung Anda. Diet kaya asam lemak Omega-3 terbukti melawan stroke dan demensia.

5. Kacang-kacangan dan Dark chocolate

Mulailah hari Anda mengonsumsi kacang-kacangan. Itu sama artinya Anda telah mengonsumsi bagian baik dari Vitamin E dan nutrisi yang meningkatkan memori. Cokelat hitam juga mengandung bahan-bahan yang bisa membantu Anda tetap fokus. Tapi, sekali lagi jangan makan berlebihan.

6. Biji-bijian dan avokad

Makanan ini menambah cadangan kolesterol baik. Mereka mengandung serat makanan yang memungkinkan arteri untuk rileks dan tidak membangun plak sehingga aliran darah lancar ke seluruh organ, termasuk otak dan jantung. Ketika otak Anda mendapat cukup oksigen dan kebutuhan lainnya, maka akan berfungsi secara optimal.

7. Blueberry

Buah ini bisa melindungi otak Anda dari radikal bebas serta menyelamatkannya dari kerusakan. Mengonsumsi blueberry bisa melindungi otak Anda dari masalah yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

8. Diet seimbang

Cobalah untuk menambahkan berbagai makanan sehat dalam menu Anda setiap hari dan melihat dampaknya pada otak dan kesehatan secara keseluruhan.

9. Suplemen

Suplemen berguna bagi mereka yang kekurangan dalam diet mereka. Idealnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan konsentrasi Anda atau untuk setiap masalah lainnya. (Rangga)