mediabogor.com, Bogor – Meski ada beberapa orang berpendapat melewatkan sarapan lebih baik ketimbang sarapan dengan menu yang tak sehat, namun sarapan tetap berperan penting bagi kesehatan. Makan pagi dengan menu sarapan yang tepat bisa memberi energi pada tubuh serta membuat Anda terhindar dari makan berlebihan di siang atau pun malam harinya. Berikut sembilan jenis makanan yang cocok Anda masukkan dalam menu sarapan pagi, seperti yang dikutip dari laman Ecowatch,

1. Telur

Telur kaya protein dan beberapa nutrisi penting lainnya. Telur juga membuat perut kenyang dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Studi menunjukkan, makan telur saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori saat makan berikutnya, dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil.

2. Greek yoghurt

Greek yoghurt berteksturĀ creamy, lezat, dan bernutrisi. Yoghurt ini mengandung protein tinggi, membantu mengurangi nafsu makan dan beberapa jenis tertentu juga mengandung probiotik.

3. Kopi

Minum secangkir kopi adalah cara yang menyenangkan untuk memulai hari. Kandungan kafein di dalamnya meningkatkan mood, performa mental, metabolisme tubuh, serta membantu pembakaran lemak. Dalam sebuah studi ditunjukkan, konsumsi 100 mg kafein per hari membantu membakar 79-150 kalori selama lebih dari 24 jam. Cara paling sehat untuk mengonsumsi kopi adalah tanpa gula atau dengan sedikit campuran krim kental (heavy cream).

4. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat beta-glukan yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan meningkatkan rasa kenyang serta mengandung antioksidan. Untuk meningkatkan kandungan protein saat sarapan oatmeal, sajikan dengan susu atau dengan tambahan telur atau sepotong keju.

5. Biji Chia

Biji Chia sangat kaya nutrisi, tinggi serat, mengandung antioksidan yang mengurangi inflamasi dan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam biji Chia melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

6. Buah berry

Buah berry memiliki banyak serat dan sedikit kalori. Buah ini juga kaya antioksidan yang disebut anthocyanin yang melindungi jantung dan membuat awet muda. Salah satu cara sehat mengonsumsi berry di pagi hari adalah menyajikannya dengan greek yoghurt atau keju cottage.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengenyangkan dan bernutrisi, mengurangi risiko jantung dan memperbaiki kadar gula darah. Semua jenis kacang-kacangan mengandung magnesium, potassium, dan lemak tak jenuh yang bersahabat bagi jantung

8. Teh hijau

Green tea atau teh hijau mengandung kafein yang meningkatkan mood dan keterjagaan. Selain itu green tea juga mengandung antioksidan EGCG yang bermanfaat bagi otak dan sistem saraf.

9. Buah-buahan

Buah-buahan bisa jadi menu sarapan yang lezat. Buah-buahan adalah sumber vitamin, potassium, dan serat yang baik. Sajikan buah-buahan dengan telur, keju, dan greek yoghurt untuk mendapat sarapan seimbang yang akan membuat tubuh lebih berenergi. (Rangga)

Berita Tentang Sarapan Sehat