mediabogor.com, Bogor – Salah satu hal yang tak bisa kita pungkiri yaitu, kita semua akan bertambah tua dan lemah. Hal ini seharusnya bisa mendorong kita untuk mengubah kebiasaan yang buruk untuk memastikan masa tua yang sehat. Anna Magee, Pakar kesehatan, mengatakan, ada beberapa hal yang bisa mengubah hidup kita di hari tua nanti, seperti dikutip Dailymail,

Mengurangi daging

Ilmuwan dari University of California menemukan prediksi hidup panjang dengan mengurangi makan daging dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Alhasil, mereka yang terlibat dalam penelitian ini, hidup lebih panjang selama lima tahun. Plusnya, mereka yang mengonsumsi makanan layaknya vegetarian lebih awet muda.

Berkeringat, tiga kali seminggu

“Salah satu hal terbaik untuk mengontrol penuaan adalah berkeringat melalui olahraga atau latihan tiga kali seminggu,” kata Profesor Tim Spector, seorang ahli epidemiologi genetik di King College London. Sebelumnya, penelitian dari American Journal of Physiology menemukan, treadmill selama setengah jam tiga kali seminggu juga dapat membantu memperlambat efek penuaan juga.

Makan tomat

Pada 2012, ahli biologi molekul, Profesor Mark Birch Machin dan timnya dari Newcastle University di Inggris menemukan, mengonsumsi tomat atau produk olahannya sebanyak lima sendok makan perhari dapat meningkatkan produksi kolagen alami kulit. Lycopene pada tomat, kata dia, efektif membantu masalah penuaan karena antioksidannya aktif.

Mengetahui riwayat kesehatan keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga dekat – kakek-nenek, orang tua dan saudara yang mengalami serangan jantung,  stroke atau riwayat diabetes, kemungkinan Anda sendiri mengikuti nasib serupa. Tanyakan pada keluarga mengenai riwayat keluarga Anda dan hindari faktor risiko penyakit seperti tidak merokok, memiliki pola makan yang sehat, menjaga berat badan dan aktif secara fisik.

Jika usia lebih dari 45, rutin lakukan pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan skrining jantung, kanker termasuk tekanan darah, kolesterol dan gula darah perlu dilakukan secara teratur untuk menghindari datangnya penyakit. Apalagi tekanan darah tinggi dan kolesterol kerap disebut sebagai pembunuh diam karena tidak ada gejala yang muncul.

Tidak semua lemak buruk

Lemak sehat termasuk lemak tak jenuh seperti alpukat, almond, kacang mete, kacang tanah dan minyak goreng yang terbuat dari tanaman atau biji seperti bunga matahari, canola, kedelai, zaitun, wijen dan kacang minyak. Mengonsumsinya 150 gram per porsi setiap minggu baik untuk menjaga kesehatan.

Taburkan kayu manis pada sereal Anda

Salah satu rempah-rempah ynag banyak dipuji para ahli adalah kayu manis. Dalam jurnal Diabetes Care, dikatakan, seperempat sendok teh kayu manis sehari bisa membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe-2.

Berpikir positif

“Obat terbaik di planet ini adalah berpikir positif positif, “kata Dr Walker. Mengelola pikiran kita, sangat penting untuk mencegah stres dan datangnya penyakit. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychiatry, disebutkan, mereka yang merasa positif, memiliki tujuan hidup cenderung hidup lebih lama dan bahagia.

Tidur

Para peneliti di Scripps Clinic Sleep Center California menemukan hubungan antara rata-rata jumlah jam tidur dan tingkat kematian dari satu juta orang dewasa Amerika. Ternyata orang-orang yang tidur antara 6,5 dan 7,5 jam setiap hari cendrung panjang umur. (Rangga)