mediabogor.com, Bogor-  Saat ini wilayah Bogor mulai memasuki masa peralihan atau dikenal dengan pancaroba. Potensi terjadi hujan secara tiba-tiba dengan intensitas lebat yang dibarengi angin kencang dapat menimbulkan bencana pohon tumbang seperti yang telah terjadi beberapa hari belakangan.

Kasi Pemeliharaan Taman Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Erwin Gunawan memyatakan, pihaknya bekerjasama dengan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kehutanan Bogor, meneliti pohon rawan tumbang yang ada di Kota Bogor. “Kami akan memeriksa pohon dari kesehatan pohon itu sendiri, setelah itu dari pemeriksaan akan keluar hasil apakah pohon-pohon itu masih sehat apa tidak apakah perlu dipangkas dirapikan saja apa waktunya harus ditebang,” kata  Erwin.

Erwin menambahkan, pihaknya sudah menyisir beberapa ruas jalan yang memiliki jumlah pohon besar. “Masih banyaknya pohon yang rawan tumbang yang harus dibenahi dititik titik jalan Kota Bogor, seperti di Jl. Lawanggintung, Jl.Batutulis, Jl.pemuda, Jl. Ahmad Yani, Jl.semeru, Jl.lawanggintung, dan Jl.pajajaran,” tutupnya.

Dari data yang dihimpun, pada tahun 2014 setidaknya ada 200 pohon dari berbagai jenis yang rawan tumbang, dan sebagian sudah di  dipangkas dan ditebang ditahun 2015-2016. (UT)

Foto: Utay