mediabogor.com Bogor- Budidaya ikan lele tidak hanya diminati masyarakat biasa atau petani. Buktinya, selain untuk mengisi waktu luang, salah satu Anggota DPRD Kota Bogor H. Mulyadi juga memberdayakan masyarakat di wilayahnya dengan usaha budidaya ikan lele kolam terpal, di Kampung Pajang, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. H.Mulyadi saat diwawancara khusus oleh mediabogor.com mengatakan, dirinya mencoba memanfaatkan lahan seluas 200 meter lebih yang tak terpakai. “Ide yang keluar yaitu budidaya ikan lele karena kontur tempatnya cocok untuk usaha ikan maka saya mencoba untuk budidaya ikan lele, dengan menggunakan metode kolam terpal. Adapun Usaha ini baru berjalan kurang lebih 5 bulan lalu,” kata dia.

Pemilihan lele, lanjut dia, budidaya jenis ikan tersebut karena cenderung lebih murah dan mudah. “Kenapa saya ambil budidaya ikan lele dikarenakan dalam hal pemeliharaan tidak terlalu sulit memberi makan pagi, siang dan sore serta resikonya pun tidak terlalu besar. Mulai dari pembenihan hingga menginjak masa panen itu dibutuhkan waktu selama 2,5 bulan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, peminat ikan lele dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Ikan tersebut banyak dibutuhkan untuk di konsumsi, tak tercuali juga oleh pedagang pecel lele dan kolam pemancingan lele. “Untuk biaya pakan ikan lele relatif murah dan mudah didapatkan dipasaran. Dari jumlah 20 kolam terpal yang ada saat ini bermodalkan hanya Rp 10 juta keuntungan bisa diambil paska panen mencapai 50 persen.“Dari para pembeli sekarang sudah mulai tau dan mereka datang sendiri ke kolam. Rata-rata mereka masih berdomisili di Kota Bogor dan sekitarnya,” tutupnya.(ut)

Foto Utay