mediabogor.com Bogor-  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor bersama Pemkot Bogor membagikan 250 sertifikat gratis kepada masyarakat kurang mampu dalam Program Nasional (Prona) di dua kecamatan, yaitu Bogor Barat dan Tanah sareal. Bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, Ketua DPRD Kota Bogor H.Untung W Maryono Didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri cahyono, Walikota Bogor Bima Arya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan Kepala BPN Kota Bogor, Yulia J.Nirmawati menyerahkan secara simbolis sertifikat gratis tersebut.

Ketua DPRD Kota Bogor H.Untung W Maryono memberikan apresiasi kepada Kepala BPN Kota Bogor, Yulia J.Nirmawati atas peran aktif dalam membantu masyarakat Kota Bogor yang berpenghasilan rendah. “Yang tadinya tidak mempunyai Sertifikat tanah kini bisa memiliki,ini satu perbuatan luhur terpuji, dan saya sangat mendukung sekali, program ini,” kata Untung pada mediabogor.com.

Untung menambahkan, sertifikat ini juga dapat merubah kehidupan warga dari yang tidak mampu menjadi mampu. Karena, katanya, ke depan sertifikat dapat dijadikan jaminan modal usaha ke bank. Pronas ini, lanjut Untung, sangat bagus apalagi turut dilakukan sosialisasi kepada warga agar warga yang tidak paham menjadi paham manfaat memiliki sertifikat tanah. Tak hanya itu, Pemkot dan BPN turut memberikan hak yang jelas kepada masyarakat dengan lahan yang dimilikinya. “Harapan saya setiap tahun pemberian sertifikat tanah gratis bisa dilakukan terus agar lebih merata, terlepas dananya dari Prona atau APBD yang dianggarkan,” Ujar Untung.

Sementara, Kepala  BPN Kota Bogor, Yulia J .Nirmawati  penyerahan sertifikat ini merupakan bagian dari target BPN Kota Bogor untuk mensertifikasi semua lahan. “Juga sekaligus bertujuan membahagiakan warga Kota Bogor di HJB ke-534,” kata Yulia. Dia berharap agar sertifikat yang sudah didapat warga dapat dijaga dengan baik. “Jangan sampai dipinjamkan karena sertifikat tanah sangat berharga, bagi sipenerimanya hari ini besok dan kelak nanti,” harap Yulia.(Ut).

Foto: Utay.