mediabogor.com Bogor_ Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PDI Perjuangan, Christian menyambangi SD Negeri Lawanggintung 2 Kota Bogor untuk memantau langsung sosialisasi Kartu Insonesia Pintar (KIP) frogram pemerintah Jokowi, Jk.Sabtu (6/16) pagi. Dia menjelaskan, program Indonesia Pintar adalah salah satu program nasional (tercantum dalam RPJMN 2015-2019) yang bertujuan untuk Meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah. “Meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka melanjutkan, Menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok masyarakat, terutama antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, antara wilayah perkotaan dan perdesaan, dan antar daerah, Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi,” kata Christian.

Lanjut Christian, yang dimaksud dengan Program Indonesia Pintar melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar adalah Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan pemberian bantuan pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun). “Atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya,” tegasnya.

Program Indonesia Pintar melalui KIP, lanjut dia, merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014. “KIP diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan agar anak mendapatbantuan Program Indonesia Pintar apabila anak telah terdaftar atau mendaftarkan diri (jika belum) ke lembaga pendidikan formal (sekolah/madrasah) atau lembaga pendidikan non formal (Pondok Pesantren, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat/PKBM, Paket A/B/C, Lembaga Pelatihan/Kursus dan Lembaga Pendidikan Non Formal lainnya di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama),” ujar Christian.

Christian melanjutkan, untuk itu Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan Kota Bogor harus siap mengikuti arahan dari Kemendiknas terutama harus gencar sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor, dan jangan sampai para orangtua murid tidak mengetahui hal tersebut. “Para kepala sekolah maupun dewan komite pun harus turut serta mensosialisasikan terkait KIP, Karena pendidikan dan kesehatan menjadi program dasar dari pemerintahan sekarang,”Sebab dngn waktu yang sedikit singkat hingga 30 agustus di perlukan sosialisasi yang gencar,” tutupnya.

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri Lawanggintung 2, Nuji S.Pd MM mengatakan, pihaknya sudah mulai mensosialisasikan Program Pemerintah untuk pendidikan, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada orang tua murid dan menjelaskan apa yang di maksud KIP itu. “Tidak lupa kami ucapkan terimakasih atas kedatangan Dewan terhormat Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PDI Perjuangan Christian, yang sudah mau singgah dan mengingatkan betapa petingnya Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk pendidikan serta mau mendengarkan keluhan dan saran terkait pendidikan,” tutup Nuji.(ut).

Foto: Rangga