mediabogor.com, Bogor – Pagi tadi (31/5) Dinas Kesehatan Kota Bogor kembali menggelar lomba Bayi Balita Sehat Indonesia tingkat Kota Bogor yang dilangsungkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummi, Bogor. Acara tersebut pun dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 534 tahun 2016, serta kegiatan ini merupakan puncak dari lomba yang sudah dilaksanakan di setiap kecamatan dengan merangkul UPTD Puskesmas dan TP PKK se-Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Rubaeah, menuturkan, kegiatan ini juga diselenggarakan agar dapat memantau perkembangan anak balita di Kota Bogor dan untuk memupuk kesadaran orang tua dalam mengawasi kebutuhan balita. “Pada lomba ini setiap peserta akan diperiksa kesehatannya secara umum, gizinya dan juga psikologis perkembangannya. Selain itu juga dilakukan tes pengetahuan ibu peserta tentang kesehatan dan gizi balita”, ujarnya.

Rubaeah berharap dari kegiatan ini akan terpilih bayi dan balita yang sehat serta cerdas sebagai generasi penerus. Selain itu dari lomba ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para ibu untuk selalu menimbang bayinya ke Posyandu agar mengetahui perkembangan dan pertumbuhannya. “Kita ingin bayi balita yang sehat ini menjadi motivasi ibu-ibu lain yang belum memanfaatkan Posyandu agar bisa dikunjungi. Sehingga kita bisa mengetahui secara dini kalau ada penyakit yang diderita oleh bayi balita,” tandasnya.

Kegiatan lomba Bayi Balita Sehat Indonesia tingkat Kota Bogor ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinkes Kota Bogor dr. Rubaeah dengan turut dimeriahkan oleh penampilan tari anak-anak TK. (Rangga)

Foto : Istimewa