mediabogor.com, Bogor – Rendy Ariawindana dan Rizky Purba Dharmawan, dua pemuda Bogor kini namanya mulai dikenal di dunia maya setelah berhasil menjuarai ‘The best rocket piching NextDev’. Ajang dimana merupakan bentuk inisiatif dari Telkomsel untuk mewadahi semangat anak muda Indonesia dalam berkontribusi bagi kotanya. Merasa peduli akan keadaan urban di Bogor dan Indonesia, kedua pemuda ini membuat sebuah aplikasi playstore yang membuat masyarakat dimudahkan dalam mengurus tanaman sampai perawatannya. “Terinspirasi dari masyarakat urban yang sangat membutuhkan sayuran organik, namun tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurusinya, maka dari itu sistem kita membantu masyarakat untuk mengurusi tanaman tersebut hingga pembelian bibitnya,” papar Rendy kepada mediabogor.com.

Selain itu, alasan Rendy dan Rizky membuat aplikasi hidroponik ini agar membuat taman yang bekerja secara otomatis. “Hidroponik pada umumnya kita buat otomatis untuk penyiramannya,” tandasnya.

Berikut permasalahan dan solusi, yang menjadi landasan munculnya ide tersebut :

Permasalahan

  1. Lahan pertanian yang makin berkurang.
  2. Sempitnya ruang penghijauan
  3. Iklim yang makin ekstrim
  4. Kebutuhan akan sayuran organik
  5. Waktu tidak ada untuk mengurusi tanaman

Solusi

  1. Merawat dan memantau tumbuhan dari apps
  2. Membuat ekosistem tanaman
    pangan mulai dari pembelian bibit
    hingga panen
  3. Memantau masa panen tanaman
  4. Pengairan, pemupukan, pembibitan berbasis IOT/Robotik dan terkoneksi dengan apps
  5. Bisa untuk semua kalangan urban ataupun sub urban, indoor maupun outdoor, lahan sempit maupun lahan besar.

Ajang tersebut pun berlanjut hingga ke setiap kota di Indonesia, yang nantinya akan dipertandingkan di tingkat nasional dan diambil 10 besar untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional.

media bogor aplikasi iotDengan demikian, maka tujuan utama dari NextDev membentuk ekosistem digital akan membantu terwujudnya Smart City yang berkelanjutan sudah dijawab dengan tegas oleh anak muda Bogor. (Rangga)