mediabogor.com, Bogor – Sebagai bentuk solidaritas sesama profesi jurnalis (wartawan), siang tadi (16/7) bertempat di pelataran Tugu Kujang Bogor, wartawan se-Bogor baik dari media cetak, elektronik dan televisi, menggelar aksi damai yang mengecam aksi premanisme oknum TNI AU terhadap dua jurnalis di Medan. Haryudi, Ketua Koordinator Aksi menyerukan, bahwa tindakan yang telah dilakukan oleh oknum TNI AU terhadap wartawan sangatlah tidak manusiawi. “Kami dari Forum Wartawan Harian Bogor (FWHB), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Bogor, dan beserta elemen Jurnalis Bogor Bersatu lainnya mengecam keras kekerasan terhadap rekan kita yang telah dianiaya oleh oknum TNI AU yang tidak bertanggung jawab. Sampai detik ini kawan kita masih dalam perawatan, dimana UU Pers No. 40 tahun 1999 yang melindungi kami (wartawan). Ini sudah kesekian kalinya, mana keadilan untuk kami,” serunya.

Dan tuntutan dalam aksi tersebut ialah :

  1. Mendesak Menteri Pertahanan, Panglima TNI, KSAU mengusut tuntas dan menindak pelaku kekerasan terhadap jurnalis yang jelas-jelas melanggar hukum pidana umum dan melanggar UU Pers Nomor 40 tahun 1999.
  2. Meminta Danlanud Suwondo Medan karena tidak mampu menjaga, melindungi dan memberi jaminan keamanan bagi jurnalis yang sedang bertugas. (Rangga)

Foto:Indra