mediabogor.com, Bogor – Tidur merupakan hal yang begitu penting, karena sangat berpengaruh terhadap sebuah kesehatan pada tubuh manusia itu sendiri. Namun tidak semua orang memiliki kualitas tidur yang baik. University of California di San Diego melakukan penelitian terhadap 1,1 juta orang untuk menemukan korelasi tidur dan penuaan. Mereka menetapkan, tidak ada alasan khusus untuk tidur lebih dari enam setengah jam per malam, seperti dilansir laman Women’s Health. Bahkan, orang-orang yang tidur malam enam setengah jam hidup lebih lama daripada mereka orang yang tidur delapan jam. Penelitian ini membawa fokus yang benar-benar penting, yaitu tentang kualitas tidur. Maka dari itu, hindari hal-hal yang salah sebelum tidur, seperti:

1. Tidur di bawah lampu menyala

Setidaknya setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk menghindari lampu terang. Redupkan lampu jika benar-benar ingin tidur. Jauhkan dari hal tidak sehat seperti ponsel, bahkan televisi. Mengapa? Karena lima menit cahaya putih dari layar menekan tingkat melatonin lebih dari 50 persen.

2. Nonton TV

Hal-hal menakutkan dapat mengacaukan pikiran Anda sebelum tidur. Menonton film atau berita kekerasan di TV mungkin membuat Anda sulit untuk terlelap.

3. Olahraga

Anda tidak boleh beraktivitas setidaknya dua jam sebelum tidur. “Kecuali jika Anda melakukan latihan pernapasan dan yoga,” kata David Asprey, pendiri dan CEO dari Bulletproof. Berolahraga secara umum pasti membantu Anda bisa tidur. Sebuah penelitian pada 2013 tentang tidur di Amerika menemukan bahwa orang yang berkeringat merasa lebih butuh istirahat dan tidur daripada mereka yang tidak berolahraga.

4. Minum kafein

Secara umum, jangan minum kopi setelah pukul 14.00 atau setidaknya delapan jam sebelum tidur. Para peneliti di Michigan’s Henry Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center and Wayne State College di Medicine menemukan bahwa kafein dikonsumsi enam jam sebelum tidur mengakibatkan kualitas dan kuantitas tidur berkurang secara signifikan. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah melacak asupan kafein dan pola tidur Anda.

5. Paksakan diri untuk tidur

Jendela kamar belum tertutup, padahal Anda sangat lelah. Asprey mengatakan jika Anda tidak memaksakan tidur, maka hormon stres-kortisol bisa muncul. Hal ini akan yang membuat Anda terjaga hingga dini hari. Dan Anda tidak akan produktif sepanjang hari.

6. Stres

Mungkin alasan paling umum orang tidak bisa tidur adalah mereka tidak tahu caranya membersihkan pikiran, dan berhenti khawatir. Untuk itu Asprey menyarankan pranayama yoga dan meditasi (keduanya mengandalkan latihan pernapasan). Latihan itu dapat membuat keajaiban dalam membantu mematikan otak Anda, memulihkan diri, dan mempersiapkan hari berikutnya. (Rangga)