mediabogor.com, Bogor – Kemerdekaan Indonesia telah menginjak diumur 71 tahun, namun potret sosial khususnya di Bogor sekarang ini masih memprihatinkan. Dari hasil rekapitulasi data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang didapat dari Disnakersostrans Kota Bogor, tercatat untuk di tahun 2015 saja ada sebanyak 36.837 masyarakat Kota Bogor yang masih hidup dibawah garis kecukupan daei total 958.115 jiwa penduduk. Hal ini dipaparkan oleh Dadang Helmansyah, Kasie Data dan Informasi Sosial pada

Kini Hadir Aplikasi Mobile Play Store Media Bogor

Disnakersostrans Kota Bogor. Ia menyebutkan, dari jumlah tersebut masih didominasi oleh katagori fakir miskin. “Jadi ini data dari setiap daerah (kelurahan) yang ada di Kota Bogor yang kita kumpulkan dan direkap di akhir tahun. Banyak katagori dari PMKS ini, seperti anak terlantar, perempuan rawan sosial ekonomi (janda), fakir miskin, dan lain-lain. Dan untuk data dari daerah yang kita dapat fakir miskin itu diangka 29.617, ” paparnya kepada mediabogor.com.

Melalui rekapitulasi data yang ada dari tiap tahunnya, lanjut Dadang, mengalami kenaikan. “Kalau dilihat dari tahun 2014 didata PMKS ini tercata ada 34.223, berati ada peningkatan sekitar 2000 untuk data terkahir di tahun 2015 kemarin. Nantinya data ini kita laporkan langsung kepad pusat (Kementrian Sosial) untuk ditindak lanjuti, nanti dari pusat akan diberi bantuan kepada setiap SKPD masing – masing,” lanjutnya.

Ia pun menambahkan, dari data yang ada beberapa adalah bukan asli warga Kota Bogor. “Untuk dari semua katagori PMKS itu tidak semua asli orang Bogor ada juga pendatang, untuk lebih perincinya mungkin tingkatan daerah (keluarahan) yang punya data jelasnya,” tutupnya.

Dan untuk data kemiskinan di Kabupaten Bogor sendiri lebih parah lagi. Pendataan yang dilakukan lima tahun sekali oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Disnakersostrans Kabupaten Bogor pada tahun 2012 saja mencapai 196.028 kk atau dalam jiwa sebesar 980.140 jiwa dari total jumlah penduduk sebanyak 4.966.621jiwa.

Sekedar informasi tambahan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah seseorang atau keluarga yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi dan kreatif dengan lingkungannya sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani dan sosial) secara memadai dan wajar. (Rangga/Indra)

Foto:Rangga Firmansyah

TINGGALKAN KOMENTAR