mediabogor.com Bogor- Ngeliwet makan bersama di atas daun pisang merupakan moment terunik yang dilakukan oleh warga di Kampung Muara Babadak, RW 12, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, dalam rangka peringatan HUT RI ke 71. Dan nasi liwet tersebut merupakan hasil dari lomba memasak yang diikuti puluhan ibu-ibu warga sekitar. “Hasil masakan tersebut dimakan secara bersama sama di hamparan daun pisang. Tujuan dari lomba liwet ini bukan sekedar masak yang biasa dilakukan oleh ibu ibu pada umumnya, tetapi dengan cara makan bersaman sama ini menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan serta kekompakan antara warga,” ucap Ketua panitia lomba yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor , Jenal Mutaqin pada mediabogor.com.

Motivasinya, lanjut dia, bukan hanya sekedar menggelar lomba, tetapi menjadi momentum untuk mempererat silaturahmi maupun persaudaraan. “Perlombaan membuat nasi liwet oleh 150 ibu-ibu. Dengan makan bersama ini, membuktikan bahwa persatuan dan kesatuan antar warga terjalin,” katanya.

Jenal ini menjelaskan, makna peringatan HUT RI, harus menjadi refleksi bagi semua masyarakat agar tetap menjaga nasionalisme. Capaian indikator kemerdekaan dulu berbeda dengan sekarang, saat ini pemerintah harus mampu memerdekakan masyarakatnya, termasuk semua permasalahan warga diselesaikan oleh pemerintah. “Kita menggelar lomba pembacaan teks Proklamasi dan Pancasila ini salah satu upaya untuk mengingatkan kembali bahwa betapa penting makna dari kedua pilar atau filsapah negara republik indonesia tersebut. Diharapkan di tahun depan acaranya lebih meriah lagi dengan inovasi inovasi perlombaan lainnya,” tutup Jenal.

Ratusan warga tumpah ruah memadati lokasi acara perlombaan agustusan untuk mengikuti berbagai lomba yang digelar, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, lomba membawa kelereng pake sendok, balap karung, joged balon, lomba rias suami oleh ibu ibu. Menariknya, panitia menggelar juga lomba pembacaan teks Proklamasi dan Pancasila serta pagelaran pentas seni tarian anak sebagai puncak acara. (ut)

Foto:Utay