mediabogor.com, Bogor – Bagi Anda yang ingin mudik nanti, tak perlu khawatir mengenai keselamatan dan kesehatan diri Anda. Sebab BPJS Kesehatan dalam akan mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta yang sedang mudik. Hal tersebut disampaikan pada konferensi pers yang digelar siang tadi (29/6) di Aula BPJS Kesehatan Cab. Bogor, dengan mengangkat tema ‘Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan’. Mahat Lusumadi, Ka. BPJS Kesehatan Cab. Utama Bogor, menyampaikan pihaknya menjamin para peserta BPJS bisa memperoleh pelayanan dengan prosedur yang lebih ringkas. “Pelayanan ini mulai berlaku sejak H-7 hingga H+7 se-Indonesia, jadi peserta yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cab BPJS setempat. Untuk prosedurnya, peserta dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang,” sampainya.

Agar peserta dapat menikmati pelayanan ringkas tersebut, Mahat menegaskan, para peserta harus memperhatikan pula kesiapan dari setiap kartu kesehatannya. “Para peserta harus selalu membawa kartu JKN-KIS, BPJS, Askes, dan sejenisnya. Dan perlu diingat agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” tegasnya.

Selain itu, BPJS juga menyediakan posko mudik di lima (5) titik padat mudik, seperti Pelabuhan Merak Banten, Term. Kampung Rambutan Jakarta, Term. Purabaya Surabaya, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Lalu, peserta pun dapat melihat daftar fasilitas kesehatan dan hotline servis Kantor Cabang di seluruh Indonesia dengan mengakses website BPJS Kesehatan. (Rangga)

Berita Tentang Mudik

Foto:Rangga Firmansyah