mediabogor.com, Bogor – Segala jenis makanan yang lezat tentunya dapat terasa ketika sampai di lidah Anda. Namun tidak selamanya makanan yang lezat saat di lidah memiliki manfaat baik untuk tubuh ketika sudah diolah pada lambung. Terdapat beberapa makanan yang lezat namun belum tentu baik untuk kesehatan, terlebih lagi apabila Anda mengkonsumsinya setiap hari dalam porsi yang banyak. Melansir dari situs GoodHouseKeeping, berikut 10 daftar makanan yang lezat di lidah namun berdampak kurang baik untuk kesehatan.

1. Pemanis Buatan

Sama halnya dengan yang terkandung pada minuman bersoda, biasanya pemanis buatan yang kandungan kimia sangat banyak digunakan untuk membuat minuman soda menjadi lebih menarik. Inilah mengapa mengkonsumsi minuman bersoda tidak disarankan untuk Anda yang ingin menjaga pola makan dan berat badan. Hindarilah pemanis buatan karena rasa manis yang Anda rasakan hanya pada lidah, sementara pada sistem tubuh akan mengganggu bakteri baik yang bertugas pada metabolisme tubuh , sehingga berat badan akan mudah naik dan bahkan menjadi berlebihan.

2. Kopi

Kopi mengandung kafein yang membuat Anda ketagihan. Meminum kopi memang tidak dilarang karena beberapa dari Anda membutuhkan kopi untuk membuat mata tetap terjaga disaat menyelesaikan pekerjaan. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi pada saat perut dalam keadaan kosong. Karena saat Anda meminum kopi perut akan menghasilkan asam hidrolik yang membuat perut mulas dan gangguan pencernaan.

3. Brokoli

Brokoli memang merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan, namun tahukah Anda bahwa mengkonsumsi brokoli dalam jumlah banyak dapat membuat perut Anda menderita masalah pencernaan. Brokoli mengandung gula kompleks dan kandungan gas yang membuat tubuh akan terasa penuh dalam waktu lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran ini, hindari untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

4. Makanan Bebas Gula

Jika Anda mendengar beberapa produk makanan mengklaim bebas gula bukan berarti makanan ini baik untuk kesehatan. Meski bebas gula makanan tersebut tetap memiliki rasa manis. Contohnya saja sepeti permen. Lantas dari mana rasa manis tersebut berasal. Gula yang digunakan oleh beberapa produk permen bebas gula yaitu merupakan gula dengan jenis alkohol. Sehingga mengkonsumsi makanan bebas gula juga tidak disarankan karena memaksa tubuh Anda untuk memproduksi asam yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat berdampak munculnya pembengkakan pada perut Anda.

5. Susu, Krim Keju dan Es Krim

Susu, Krim Keju, dan es Krim mengandung kadar gula yang tinggi. Inilah mengapa bagi Anda yang sedang dalam program diet atau memiliki riwayat diabetes disarankan untuk menghindari makanan ini.

6. Makanan Gorengan

Lemak jahat yang terkandung dalam minyak dapat membuat tubuh Anda tidak bisa mengontrol lemak dengan baik. Kelebihan lemak jahat dapat berakibat tubuh Anda yangoverweight. Makanan yang digoreng juga dapat berdampak pada kesahatan kulit Anda.

7. Buah Jeruk

Ketergantungan pada buah-buahan keluarga citrus seperti jeruk, lemon, dan sunkis akan berdampak buruk pada kesehatan. Meski memiliki kandungan vitamin baik, namun mengkonsumsinya secara berlebihan dapat merusak lambung Anda. Kandungan asam pada buah-buahan ini dapat membuat iritasi pada perut Anda dan membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas.

8. Bawang Merah dan Putih

Makanan kurang lengkap rasanya jika tidak diberikan bawang merah dan bawang putih dalam bumbunya. Namun jika Anda menggunakannya secara berlebihan dapt menjadi pemicu munculnya beberapa penyakit seperti sakit perut, diare dan sembelit.

9. Jagung

Jagung merupakan makanan dengan kandungan selulosa di dalamnya. Mengkonsumsi jagung dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh Anda. Namun akan berbeda halnya jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan dan terus menerus. Kandungan enzim di dalam tubuh yang membantu penghancuran makanan tidak mampu untuk melakukannya secara banyak, sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan.

10. Makanan Mentah

Bakteri yang terkandung pada makanan mentah dapat membahayakan. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk memasak hingga matang sebelum memakan sesuatu. Meski terdapat beberapa makanan yang lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti sushi, namun kesehatan dari makanan mentah belum sepenuhnya teruji. Kandungan bahan makanan yang digunakan haruslah benar-benar segar dan bersih, terutama untuk makanan seperti seafood, telur, daging merah, daging putih. Jika tidak, bakteri akan masuk ke dalam tubuh yang tidak dapat dihancurkan secara sempurna. (Rangga)

Foto:Istimewa