Mediabogor.com – Untuk pertama kali Barongsai masuk sebagai salah satu cabang olahraga (Cabor) eksibisi yang dipertandingkan dalam PON XIX Jawa Barat. Setidaknya 712 altit yang mewakili 15 provinsi di Indonesia akan berlaga pada 22-25 September 2016 di Komplek GOR Pajajaran, Kota Bogor.

Kini Hadir Aplikasi Mobile Play Store Media Bogor

“Ini merupakan langkah penting bagi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) untuk menjawab tingginya animo masyarakat terhadap Barong yang selama ini dikenal memiliki medium budaya dan olahraga,” ujar Arifin Himawan selaku Ketua Bidang Pembinaan PB FOBI kepada wartawan di Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora), Kota Bogor, Selasa (20/09/2016).

Arifin yang juga Ketua Penyelenggaraan Eksibisi Barongsai PON XIX Jawa Barat mengatakan, ada 9 nomor yang akan dipertandingkan, antaralain nomor naga taulus bebas, naga halang rintang, naga kecepatan, barongsai tradisional, barongsai taulu bebas, barongsai halang rintang, barongsai kecepatan, pekingsai taulu bebas dan pekingsai kecepatan. “Semua nomor pertandingan mengacu pada sistem pertandingan internasional dragon and lion dance federation (IDLDF),” imbuhnya.

Menurutnya, sejauh ini persiapan dan koordinasi terus dilakukan pihak penyelenggara. Jelang pertandingan, para atlit diberikan kesempatan untuk berlatih dahulu selama dua hari mulai 20-21 September di Indoor Hall B. Setelah technical meeting, untuk pertandingan dilaksanakan di Indoor Hall A GOR Pajajaran.

Langkah besar FOBI berkiprah di PON XIX Jawa Barat didukung juga oleh kesiapan juri yang sudah memiliki standar penilaian baik internasional maupun nasional. Ada 10 juri dengan 1 juri pengganti yang nantinya bakal memberikan penilaian. “Ajang eksibisi ini tentunya diharapkan dapat mendorong prestasi di setiap provinsi dan menjadi modal untuk mengukir prestasi di tingkat internasional. Apalagi atlit barongsai Indonesia mulai diperhitungkan di kancah dunia,” tutur pria yang akrab disapa Ahim itu. (*).

TINGGALKAN KOMENTAR