mediabogor.com, Bogor – Bagi Anda yang suka berolahraga terkadang kerap kali sering mengabaikan sesi ‘pendinginan’ ketika selesai berolahraga. Apa yang telah Anda lakukan 30 menit setelah berolahraga, ternyata sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri.┬áBerikut adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah olahraga untuk mendapatkan hasil maksimal, seperti yang dikutip dari laman healthkompas.com

1. 10 menit pertama:peregangan

Hal utama dan paling penting yang perlu dilakukan setelah olahraga adalah melakukan peregangan ketika otot-otot masih hangat. Menurut Jordan D.Metzl, dokter olahraga, otot-otot butuh waktu 30-40 menit sebelum dingin. “Ketika otot mendingin, ia akan berkontraksi dan jika kita mencoba untuk melemaskannya, risikonya adalah cidera,” kata Metzl. Oleh karenanya, ia menyarankan untuk melakukan peregangan setelah olahraga dengan durasi sekitar 10 menit.

2. 20 menit setelah olahraga: ganti pakaian

Bila Anda tidak bisa langsung mandi, misalnya karena harus mengejar waktu ke acara berikutnya, gantilah semua pakaian Anda, termasuk pakaian dalam. Pakaian yang kita pakai untuk berolahraga dan penuh keringat itu merupakan tempat yang disukai bakteri, kuman, dan jamur, sehingga bisa memicu infeksi kulit atau jerawat. Bila Anda lupa membawa baju ganti, lap kulit dengan handung yang diberi air, lalu keringkan dengan handuk lainnya. Utamakan bagian wajah terlebih dahulu.

3. 20-30 menit setelah olahraga: isi perut

Pastikan Anda mengisi ulang perut Anda 30 menit setelah olahraga. Hal ini bisa memaksimalkan proses pemulihan, mengurangi risiko nyeri otot, dan membantu performa lebih baik di sesi latihan berikutnya. Atur asupan kalorinya. Bila tujuan olahraga Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsi hanya 200 kalori dengan rasio 1:1 untuk karbohidrat dan protein. Sementara itu jika Anda ingin mempertahankan berat badan sekarang, kalori yang diasup bisa sekitar 300-400 kalori dengan rasio 3:1 karbohidrat dan protein. (Rangga)