mediabogor.com, Bogor – Jahe, menjadi salah satu rempah yang begitu populer. Umbi beruas seperti jari manusia ini lazim dikonsumsi selama berabad-abad, untuk pengobatan dan bumbu masakan. Jahe mengandung vitamin A, C, E, B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, kalsium, dan beta-karoten. Tak hanya itu, jahe pun mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat untuk melawan penuaan dini. Antioksidan tersebut dapat menghilangkan racun dalam tubuh, memperlancar peredaran darah, memberikan nutrisi pada kulit, menangkal radikal bebas serta membuat kulit wanita menjadi lebih lembut, mulus dan halus. Berikut enam manfaat jahe untuk kesehatan, yang dirangkum dari berbagai sumber seperti Dilansir dari Deutsche Welle :

1. Mengobati Perut Kembung

Jahe memiliki manfaat mengurangi gangguan pencernaan, termasuk perut kembung. Mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung, karena jahe mempunyai kemampuan mengakumulasi gas yang menghambat di saluran usus dan lambung sehingga membuat perut kembung. Tak hanya perut kembung, gangguan sakit perut dan diare juga bisa dituntaskan dengan minum wedang jahe. Jahe dapat direbus dengan air mendidih, dan diminum hangat.

2. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Buat yang sering mabuk saat melakukan perjalanan, jahe bisa menjadi obat penangkal paling mujarab dibanding obat warung. Jahe dapat dikonsumsi sebelum dan saat melakukan perjalanan untuk mengurangi rasa mual di perut. Campurkan jahe bubuk kedalam air bening hangat untuk meringankan pusing saat berkendaraan, muntah, keringat dingin dan mual.

3. Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Riset menunjukkan zat aktif jahe tersebut merupakan analgesik yang paling bagus. Untuk itu, jika Anda suka mengalami nyeri saat menstruasi sampai kram, nyeri otot, punggung dan sendi, maka jahe bisa meringankan derita sakit tersebut dengan cara mengoleskan minyak jahe pada bagian tubuh yang nyeri.

4. Mencegah Kanker

Jahe kaya antioksidan sehingga bisa membantu mencegah kanker. Sebuah riset menunjukkan, jahe bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal. Melalui riset tersebut, juga ditemukan jahe bisa menangkal kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit, pankreas dan kanker prostat. Tambahkan sedikit jahe dalam minuman pagi Anda secara teratur untuk merasakan manfaatnya.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi jahe secara teratur juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal flu saat musim dingin. Hal ini karena jahe kaya akan seng, kromium dan magnesium , yang bisa merangsang sirkulasi darah dan mengurangi keringat dingin serta demam. Campurkan sepotong jahe dalam minuman Anda untuk membantu tubuh tetap sehat sepanjang tahun.

6. Membuat Masakan Semakin Lezat

Selain mempunyai manfaat kesehatan, jahe juga enak dicampurkan kedalam masakan karena bisa menciptakan rasa manis dan ketajaman rasa. Jahe bisa ditambahkan ke dalam makanan penutup mau pun makanan utama, termasuk minuman. (Rangga)