mediabogor.com, Bogor – Ternyata tak hanya buah pisang yang kaya akan manfaat, jantung pisang pun ternyata tak kalah menyehatkan. Jantung pisang merupakan bagian dari bunga pisang yang berwarna merah keunguan. Meski sudah sering dikonsumsi sebagai sayuran, banyak orang tak tahu manfaat jantung pisang bagi kesehatan. Nah, berikut 7 manfaat jantung pisang bagi kesehatan, terutama untuk wanita seperti yang telah dikutip dariĀ Boldsky.com

Mengatasi anemia

Jantung pisang kaya akan zat besi yang merupakan mineral utama untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan makan jantung pisang, bisa membantu mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

Mengatasi haid tidak teratur

Makan jantung pisang dipercaya dapar memperlancar siklus menstruasi dengan cara mengatur hormon-hormon di dalam tubuh. Selain itu juga dapat mengatasi perdarahan berlebihan dan nyeri panggul yang kadang terjadi saat menstruasi bagi beberapa wanita.

Meningkatkan produksi ASI

Kandungan nutrisi tertentu dalam jantung pisang juga dipercaya dapat merangsang payudara mengeluarkan air susu bagi ibu yang baru melahirkan. Hal ini dapat meningkatkan produksi air susu ibu lebih banyak untuk bayi.

Mengatasi diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan, makan jantung pisang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan begitu, dapat membantu mengontrol kadar gula darah bagi pasien diabetes.

Menyehatkan rahim

Kandungan berbagai macam mineral, seperti zat besi, kalsium dan tembaga dalam jantung pisang dapat memperkuat dinding rahim dan mencegah infeksi rahim. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan seorang wanita.

Mengatasi sembelit

Jantung pisang kaya serat yang akan membantu pencernaan makanan di usus. Makan jantung pisang dapat membantu memperlancar buang air besar sehingga mengatasi masalah sembelit.

Mengurangi peradangan dan infeksi

Jantung pisang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga dapat mengurangi masalah maag, radang sendi, infeksi jamur dan mengurangi masalah peradangan dan infeksi lainnya di dalam tubuh. (Rangga)