mediabogor.com, Bogor – Mulai per hari senin (18/7) lalu, bagi pengendara dari arah Dewi Sartika yang hendak berputar arah menuju Jl. Kapten Muslihat, kini harus berputar arah di persimpangan lampu merah Djuanda. Hal tersebut dilakukan oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor guna melerai kemacetan sekitaran Jl. Kap. Muslihat. Ditemui pagi tadi (20/7) Dody Wahyudin, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada DLLAJ, menyampaikan, kebijakan tersebut telah dikaji bersama – sama dengan para pihak terkait. “Ini merupakan kajian bersama dengan para muspika Kota Bogor, seperti Polres Bogor Kota, Bina Marga, Polsek Bogor Tengah, serta dari hasil pantauan dari para muspida. Setelah SSA ini diterapkan, sekarang kita harus membenahi Ring ke-2 nya, tujuan utamanya kan Jl. Kapt. Muslihat yang permasalahannya sudah cukup lama yang harus dituntaskan,” ujarnya kepada mediabogor.com.

Dengan telah dilakukannya rekayasa pengalihan jalan tersebut, lanjut Dodi, tetap perlu adanya kesadaran dari para pengguna jalan itu sendiri. “Kembali lagi dari kedisiplinan para pengguna jalan, baik itu penyebarang, PKL, dan disamping itu angkutan kota (Angkot), yang jelas itu kan angkot suka menurunkan dan menaikan penumpang sembarangan. Apalagi sekarang Jl. Muslihat sebagai jalan utama penghubung dari barat ke tengah,” lanjutnya.

Ia pun berharap dengan adanya pengalihan ini bisa mengurangi beban di Jl. Kapt. Muslihat. “Jadi dengan penutupan median ini dengan alat water barrier dan kerucut, kami harap mampu mengurangi kemacetan di jalan tersebut. Tapi kita pun memberikan solusinya, dengan memasang rambu, seperti dari DPRD kini tidak boleh langsung ke kanan harus berputar dulu ke simpang Djuanda, jadi tinggal kesadarannya saja sekarang,” tandasnya. (Rangga)

foto: Rangga