mediabogor.com Bogor_ Tepat Pukul. 10.30 WIB, Jumat (5/16) Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto didampingi Kepala Dinasa Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Rubeah dan jajaranya berkunjung ke Rumah Holim Salim Penderita penyakit Thorax buerger disist akibat rokok di RT 02 RW 01 Gang Kokosan, Kelurahan Genteng Bogor Selatan. Bima Arya mengatakan agar warganya untuk berhenti merokok agar tidak seperti Holim. “STOP merokok agar tidak seperti Pak Holim Salim terkena penyakit Thorax buerger disist (kelainan Pembuluh Darah),karena perokok berat, kasian dan sangat mengkwatirkan sekali keadaanya saat ini,” tegas Bima.

Bima melanjutkan, Pemerintah Kota Bogor akan membawanya langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor untuk dirawat. “Memang pak Holim ini warga Jakarta dan tidak memiliki BPJS. Jadi kita usahakan untuk membuat Jamkesda dengan KTP sementara dan bisa serta langsung melakukan Operasi amputasi pada bagian yang terkena penyakit,” ujarnya pada mediabogor.com

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Rubaeah, Holim Salim memiliki penyakit Thorax buerger disist atau gangguan pembuluh darah yang meeupakan kelainan penyumbatan pembuluh darah. “Ini bersifat imflamatorik dan non-ateromatosa pada pembuluh darah arteri dan vena yang berukuruan kecil-sedang yang akan mengganggu peredaran darah di tungkai, kaki, dan kadang-kadang tangan, sipenderitanya,” kata Rubeah.

Lanjut Rubeah, penyakit Thorax buerger disist ini dikarenakan perokok aktif di usia 20 – 45 tahun. Diakui Rubeah penyakit ini memang langka dan tidak ada obat untuk menyembuhkan kecuali obat menghilangkan rasa sakit. “Untuk mencegahnya agar penyakit ini tidak menjalar Lingkungan rumahnya tidak boleh ada asap rokok,” tegas Rubeah.(Ut).

Foto:Utay