mediabogor.com Bogor- Pondok Pesantren Modern Daarul Ulum Kota Bogor kembali mewisuda 27 santri kelas akhir angkatan ke-28 tahun pelajaran 2015-2016 di Kampus Pontren Daarul Ulum, Bantar Kemang, Kelurahan Baranangsiang, Bogor Timur Kota Bogor, Minggu (05/06). Ketua Panitia ujian kelas akhir, yang juga merupakan Kepala Madrasah Aliyah Daarul Ulum Bantar Kemang Kota Bogor, Hasbulloh mengatakan, para Santri yang telah selesai mengikuti proses pembelajaran di temapat itu tetap memegang teguh agama sebagai dasar kehidupan. “Agama itu bukan hanya wajib dalam pendidikan formal, tetapi juga merupakan kewajiban sebagai ummat muslim, dengan memegang teguh ijazah mu adalah pengabdian dimasyarakat,” jelasnya.

Selain ujian di Pesantren, para santri juga mengikuti ujian Negara Nasional. “Berdasarkan pengumuman Santriwan dan Santriwati Daarul Ulum lulus 100 persen mengikuti ujian Nasional,” ungkapnya. Oleh karena itu lanjutnya, mereka yang lulus dari Pondok Pesantren Daarul Ulum harus mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama sekolah. “Sekaligus membawa syiar Islam sebagai penerang jiwa kaum muslim jelas Hasbulloh,” paparnya.

Dia berharap, Santriwan dan Santriwati Daarul Ulum yang dilepas dan diwisuda pada kesempatan kali ini dapat berkiprah ditengah-tengah masyarakat dan tetap menjadi Santri-Santri terbaik Pesantren Daarul Ulum. “Insya Allah akan langsung berkiprah ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.(Ut)

Foto:Utay.