Mediabogor.com, Bogor – Progres pengerjaan revitalisasi pada lapangan Sempur, Kota Bogor, sampai hari ini sudah mencapai 50 persen. Penataan pusat aktivitas olahraga dan berkumpulnya warga saat akhir pekan itu dipastikan rampung sesuai target pada Desember 2016 nanti.

“Progres pengerjaan revitalisasi lapangan Sempur hingga hari Sabtu (17/09) kemarin berada di angka 42 persen dan hingga hari ini sudah mencapai 50 persen,” kata Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Yadi Cahyadi, Rabu (21/09/2016).

Menurut Yadi, saat ini di area lapangan Sempur tengah berlangsung proses pengerjaan drainase. Setelah itu selesai, media lapangan kemudian dihamparkan pasir setebal 10 sentimeter dan pemasangan rumput. “Pengerjaan lain, sedang dibuat blumbak (tempat tanaman), tulisan penamaan SEMPUR, dan finishing pemasangan paving blok. Dan pengerjaan revitalisasi ini dipastikan sebelum akhir tahun sudah selesai,” imbuh Yadi.

Banyak konsep yang akan diaplikasikan dalam proses revitalisasi lapangan Sempur. Tema yang diusung adalah taman-taman di Kota Bogor direfleksikan dalam berbagai sudut di Taman Sempur. Revitalisasi juga akan menggunakan konsep plaza di area yang berupa paving block.

“Pembedanya adalah paving dibentuk kotak-kotak dengan sedikit permainan warna. Untuk area bawah pohon angsana akan ada perpaduan antara perkerasan dan rumput penutup dengan pola kotak-kotak catur,” terang Yadi.

Yadi juga menambahkan untuk sarana prasarana bagi warga akan dilengkapi dengan bangku yang menggunakan konsep single bench dan group bench. “Pada sisi selatan dan tenggara akan dibangun area piknik dengan efek petualangan bagi anak-anak. Untuk pencahayaan akan menggunakan downlight, uplight, striplight dan pavement light sehingga saat malam hari akan terlihat terang,” ujarnya.

Sebagai salah satu ikon Kota Bogor, untuk signage SEMPUR akan menggunakan konsep ikonik yang setiap hurufnya  dibingkai oleh bahan finishing cremona ditambah efek air hujan pada frame. “Jika proses revitalisasi rampung ada banyak fasilitas yang disediakan, salah satunya fitness outdoor, bukit mini dan banyak lagi,” tukas Yadi yang menggunakan pohon dan tanaman tahan panas untuk mempercantik lapangan Sempur.

Ketika disinggung mengenai keberadaan 20 pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan tersebut, ia mengungkapkan, instansi DKP tengah melakukan pembahasan terkait hal ini dengan pihak PDAM, PD Pasar Pakuan Jaya dan PD Bank Pasar serta BJB. “Sebelum pembahasan, langkah awal akan dibuat kajian SPPL dengan melibatkan BPLH,” tuturnya.

Lebih jauh kata Yadi, kedepan di lapangan Sempur akan ditempatkan beberapa petugas jaga selama 24 jam yang bertugas secara bergantian mulai dari pagi, siang dan malam hari. Rekrutmen tenaga kerja tambahan ini diusulkan sejumlah 50 orang melalui program padat karya di DKP. “Ini gunanya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya vandalisme dan PKL serta hal lainnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, revitalisasi lapangan Sempur selama lima bulan ini dibiayai oleh APBD TA 2016 dengan nilai Rp2,2 miliar. Selain revitalisasi lapangan dikawasan Sempur juga terdapat beberapa fasilitas ruang publik seperti Taman Ekspresi, Skatepark, lapangan Basket dan panjat tebing. (*).

Berita Tentang Lapagan Sempur