mediabogor.com Bogor – Membiasakan warga untuk berolah raga di akhir pekan dan sebagai puncak acara kemerdekaan Republik Indonesia RI ke 71, RW 01, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor mengadakan jalan sehat dengan ratusan orang peserta pada Minggu (18/16) pagi. Dengan konsep untuk berolah raga bersama tidak menetukan untuk siapa finish terlebih dahulu, karena hanya disediakan door prize untuk peserta dengan mengundi kupon nomor peserta.

Kini Hadir Aplikasi Mobile Play Store Media Bogor

Rute jalan sendiri untuk jalan sehat yang diadakan warga sejauh 5 kilometer dengan manfaat warga sekitar untuk mengenal daerahnya sendiri sehingga hubungan silaturahmi menjadikan warga RW 01 lebih kokoh dan rasa saling tolong menolong lebih tinggi. Acara jalan sehat ini akan dilakukan secara rutin satu tahun sekali, kedepan diharapkan keterlibatan pihak sekitar wilayah Tegal Gundil untuk berkontribusi penbangunan wilayahnya.

Ketua RW 01 Endang Suharja mengatakan, di wilayahnya, kebersamaan sudah jarang terlihat sehingga untuk membangkitkan rasa kebersamaan harus diadakan satu inovasi untuk berkumpul bersama. Salah satunya dengan cara jalan santai seperti yang saat ini dilakukan. “Sebetulnya kami sudah menjalankan 5 kali acara jalan sehat ini, dengan tujuan memberikan motivasi agar mau berolah raga warga sekitar ini pada hari libur. Acara ini menjadi agenda lain setiap tahun dalam puncak kemerdekaan,” kata dia.

Menurut Endang, dengan jarak sekitar 5 km untuk jalan sehat, diharapkan para peserta mengenal kampung sendiri dengan penuh suka cita dan bermakna kebersamaan. Tahun ini ada 510 peserta, meski menurun dengan tahun kemarin yaitu ada 700 peserta dari 7 Rukun Tetangga (RT). “Acara ini untuk kebersamaan dan dibilang gratis, hanya ada biaya Rp 8.000 untuk Snack saja saat acara. Jadi dari mereka untuk mereka, hadiah sendiri disupport dari pihak sekitar wilayah Tegal Gundil dari masyarakat yang menyumbang,” tambahnya.

Endang juga mengundang anggota dewan yang rumahnya asli di Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara yaitu pak Jatirin yang membantu acara ini juga. Door prize yang ada darimulai Komporgas, Dipenser, lemari dan strikaan. “Ini juga bentuk pembinaan terhadap generasi muda untuk mau berolahraga. Hingga mereka bisa saling mengenal yang satu wilayah RW,” tutupnya pada mediabogor.com.

Sementara anggota DPRD Kota Bogor yang turut hadir di acara itu Jatirin mengatakan, dirinya nengapresiasi dan mensuport adanya acara seprti ini, apalagi yang diharapkan budaya berolahraga dan saling menolong karena sudah ada kebersamaan yang erat. Hal tersebut dibutuhkan mengingat banyak wilayah di Bogor Utara dengan rawan bencana. Untuk itu warga harus lebih harus cepat tanggap terhadap bencana, sepertiĀ  di Ciparigi RW 02 yang kebanjiran saat hujan turun harus cepat ditanggapi Pemkot Bogor. “Penyebab bencana adalah air sungai Cipakancilan membludak, air bisa masuk ke rumah warga dan bisa disebut banjir besar. Pemkot Bogor harus perhatikan juga dengan mempercepat pembangunan turap di wilayah itu,” Singkat Dia.(Ut).

TINGGALKAN KOMENTAR