Mediabogor.com, Bogor- Walikota Bogor, Bima Arya meresmikan pembukaan Taman Belajar Masyarakat (Community Learning Park) Seameao Biotrop, Selasa (04/16), yang bertepatan dengan Sidang Tahunan Dewan Pembina yang akan berlangsung dari Selasa 4-6 Oktober. Program Taman Belajar Masyarakat ini dapat menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, baik bagi siswa sekolah maupun komunitas masyarakat. “Melalui program ini, siswa dan masyarakat luas tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, juga dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan. Program taman belajar masyarakat ini juga menjadi salah satu implementasi dari 7 Prioritas Program Seameao, yaitu Breaking Barriers to Inclusiveness atau Mengatasi Kendala Inklusi,” ungkap Bima pada mediabogor.com.

Bima, menekankan Kota Bogor telah lama dikenal sebagai kota penelitian, karena banyaknya lembaga penelitian didirikan di kota ini, baik tingkat nasional maupun internasional, salah satunya adalah Seameo Biotrop. Melalui program Taman Belajar Masyarakat ini, lanjut dia, Seamea Biotrop diharapkan terus aktif berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Kota Bogor.

“Saya mendengar bahwa Seameo Biotrop baru saja memulai program Kebun Sekolah untuk kepentingan Literasi, Nutrisi dan Kewirausahaan siswa/sekolah, program pertanian di wilayah urban, serta program-program lainnya yang ditujukan untuk peningkatan kualitas guru dan siswa. Semoga lebih banyak sekolah lagi, khususnya dari Kota Bogor yang ikut serta dalam program-program ini,” ujar orang nomor satu di Kota Bogor tersebut.

Direktur Seameo Biotrop Dr. Irdika Mansur memaparkan, bahwa sebagai salah satu dari 21 Pusat Regional yang dinaungi oleh Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMEO). “Seameo Biotrop bertekad menjadi Pusat Terkemuka dalam Memperkaya dan Mempromosikan Nilai Nyata Biologi Tropika di Asia Tenggara yang tertuang dalam Rencana Lima Tahunan yang Kesembilan (2012-2017). Untuk mencapai tujuan tersebut, Seameo Biotrop telah berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta di tingkat nasional, regional dan internasional dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan SDM, pertukaran informasi dan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Sebagai lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Seameo Biotrop terus berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah, khususnya di bidang biologi. Melalui program Taman Belajar Masyarakat, kata dia, siswa dan masyarakat dapat berkunjung, belajar dan mencoba mengaplikasikan teknologi yang dihasilkan Seameo Biotrop, di bawah bimbingan para ahli dan teknisi Seameo Biotrop. “Kami bertekad untuk terus menyebarluaskan hasil-hasil riset, produk dan teknologi yang relevan bagi pendidikan dasar dan menengah, termasuk bagi pendidikan siswa-siswa berkebutuhan khusus”, lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Irdika menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Institut Pertanian Bogor yang terus mendukung Seameo Biotrop dalam 48 tahun terakhir. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kota Bogor yang telah menyediakan lingkungan yang kondusif bagi Seameo Biotrop. Lebih lanjut Iridka menyampaikan kesediaannya untuk mendukung mewujudkan tiga misi kota Bogor 2015-2019. “Yaitu mengembangkan kota pintar yang didukung oleh teknologi komunikasi dan informasi yang tepat, mengembangkan kota yang sehat dan kaya dengan pengembangan kewirausahaan dan mengembangkan kota yang ramah lingkungan (kota hijau) dengan emisi karbon yang rendah dan sistem manajemen limbah yang baik,” pungkasnya. Sebagai informasi tambahan, Rapat Dewan Pembina Seameo Biotrop merupakan kegiatan tahunan anggota dewan Pembina untuk membahas dan memberikan bimbingan kepada Seameao dalam merencanakan dan melaksanakan program-programnya.(Ut).