Mediabogor.com, Bogor – Berlokasi di Jl. Raya Padjajaran No. 217 Kota Bogor, sekolah umum menengah atas yang namanya kian terdengar karena prestasi dan perkembangan sarana serta pra-sarana yang meningkat pesat, membuat sekolah ini kian dipandang. Dengan tag line “Sekolah Berwawasan Kebangsaan dan Berteknologi Tinggi”, SMA Kosgoro Bogor memposisikan diri sebagai sekolah yang mengangkat nilai moralisme, demokrasi, nasionalisme, serta patriotisme.Tri Atmojo, Kepala Sekolah, menuturkan makna dan moto dari kata berwawasan kebangsaan pun dituangkan dalam visi dan misi sekolah. “Untuk oengaplikasian dalam bentuk nuansa kebangsaan ialah dengan mengaplikasikan ke dalam atribut bet sekolah yang terdapat warna merah putih diatas nama sekolah,” tuturnya kepada mediabogor.com.

Suasana kebangsaan semakin kental dengan adanya atribut bendera merah putih di setiap ruang kelas, maka dari itu Tri membiasakan mengawali proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan lagu nasional diakhir proses pembelajaran. “Biografi para pahlawan pun selalu dibacakan ketika proses upacara bendera berlangsung, hal ini dilakukan guna menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi kepada para siswa,” lanjutnya.

Sistem absensi yang sudah menggunakan sistem absen sensor jari, sarana wifi, serta sarana penunjang teknologi lainnya seperti LCD hingga melaksanakan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer pada tahun 2016 beberapa bulan lalu memperkental suasana sarat teknologi di sekolah ini. Pria asli jawa ini pun berharap, pemberian pengetahuan mengenai penguatan mental karakter, serta nilai ketakwaan agar lebih disosialisasikan kepada siswa-siswi di Kota Bogor. “Karena di era modernisasi ini para remaja khususnya cenderung rentan mengalami penyimpangan sosial,” harapnya. (IB)