mediabogor.com– Ikan goreng sering meletup saat digoreng atau berantakan dagingnya anda perlu ikuti tips ini saat menggoreng ikan, banyak pemula yang baru belajar memasak takut menggoreng ikan pasalnya ikan sering meletup-letup dan memercikan minyak panas kemana-mana bisa jadi hal tersebut karena kurang penanganan yang benar padahal menggoreng ikan paling gampang dilakukan Coba saja perhatikan tips ini,”

1. Ikan harus segar ikan laut atau ikan tawar haruslah ikan yang segar Jika ikan sudah mulai membusuk maka jika digoreng dagingnya akan hancur atau terurai berantakan dan aromanya kurang sedap.

2. Ikan dibersihkan dengan cara dikerok sisiknya buang isi perut dan insangnya setelah itu dicuci dengan air bersih, ikan di bawah air mengalir hingga seluruh darah dan kotorannya larut, kerat-kerat sisi badan ikan jika ingin berukuran besar potong menjadi dua atau tiga bagian atau belah membujur sisi badannya hingga terbentang lebar.

3. Beri jeruk nipis, Untuk membuat aroma ikan lebih segar setelah dicuci kucuri ikan dengan air jeruk nipis dan lemon diamkan sebentar.

4. Siapkan bumbu, untuk memberi rasa gurih dan mengurangi aroma anyir, siapkan bumbu ikan haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam lumuri ikan dengan bumbu halus ini dan Diamkan selama 30 menit ini agar bumbu meresap dan aroma ikan lebih enak, tiriskan ikan hingga benar-benar tak berair.

5. Terakhir Goreng, setelah itu panaskan minyak dalam wajan atau panci dengan jumlah cukup sesuai dengan jumlah dan ukuran ikan, pastikan ikan terendam atau berenang dalam minyak ini setelah minyak cukup panas masukkan ikan yang sudah tak berair ke dalam minyak panas Biarkan terendam minyak panas tak perlu di balik-balik karena kedua Sisinya sudah terendam Minyak jika masih terlalu banyak air suara minyak akan berisik dan terjadi percikkan goreng hingga seluruh ikan matang dan kering atau jika sudah tak terdengar bersihkan air lagi angkat dan tiriskan sajikan ikan dalam keadaan hangat agar lebih gurih dan renyah rasanya, sebagai pelengkap disajikan dengan sambal dadak sambal kecap, rawit dan jeruk limo,”Selamat mencoba tips dari mediabogor.com.(Ut).

Tips dan Trik Goreng Ikan