mediabogor.com – Ratusan atlet Barongsai berkumpul di GOR Pajajaran untuk mengikuti pembukaan PON XIX Jawa Barat 2016 untuk Cabang Olahraga (Cabor) Eksebisi Barongsai oleh Wakil Walikota Bogor H.Usmar Hariman. Dalam sambutannya dia mengungkapkan, bahwa pertandingan ini merupakan wujud untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan dan adanya Eksebisi Barongsai. “PON ini merupakan perjuangan yang panjang,” kata Usmar. Pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan hikmat para peserta ikut peserta.

Usmar menambahkan, dalam pertandingan ini bukan hanya menampilkan kekuatan fisik dan tenaga, namun ada nilai-nilai seni dan budaya di dalam Barongsai. “Liong dan naga yang bisa menjadi tontonan dan tuntunan bagi masyarakat yang melihatnya,” singkatnya.

Sementara, Ketua Panitia PON Jabar dalam Cabor Barongsai, Arifin Himawan memaparkan yang terpenting dalam setiap pertandingan adalah kejujuran dan sportifitas. “Selain bertujuan untuk membangun prestasi dalam setiap pertandingan yang tetpenting adalah Sportifitas dan  bertanding dengan sportif,” ungkapnya. Dia mengatakan, hal ini adalah perjalanan panjang dari FOBI, bahwa olaharaga Barangsai sudah sangat layak untuk menjadi cabor dalam PON.

Pembukaan eksebisi barongsai PON Jawa Barat XIX ditandai dengan tabuhan gendang barongsai (Tambur) Pemukulan Tambur tersebut dilakukan oleh Wakil Walikota Usmar Hariman, Kapolres Bogor Kota, Dandim, Perwakilan dari Lanud Atansanjaya, Perwakilan dari Koni pusat, Ketua Panitia Pon Cabor Barongsai,  dan Wakil Ketua Fobi.

Pembukaan PON Jawa Barat untuk Cabor Olaharaga barongsai ini di ikuti 15 Provinsi yang mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pertandingan Eksebisi Barongsai yang bertempat di Gedung Hall A Gor Pajajaran Jalan Pemuda Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Kamis (22/16). Diantaranya adalah perwakilan dari Provinsi Aceh, Bali, Banten, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sulawesi, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan. (Ut).

TINGGALKAN KOMENTAR