4 hal yang mungkin terjadi saat asteroid jatuh ke bumi: Okezone techno

asteroid Ini adalah salah satu benda luar angkasa yang bisa jatuh di planet bumi kapan saja. Dilaporkan bahwa terakhir kali asteroid jatuh ke bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu menyebabkan kepunahan massal dan memusnahkan dinosaurus.

Ada banyak hal yang bisa terjadi jika sebuah asteroid jatuh ke Bumi, dan berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum oleh: Tahukah kamu faktanya?Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Tanda-tanda kehidupan di Venus mungkin berasal dari Bumi

1. Cuaca akan sangat berangin

Pada 2017, sekelompok ilmuwan Inggris menjalankan 50.000 simulasi komputer tentang tabrakan asteroid di berbagai belahan dunia. Studi tersebut menemukan bahwa angin yang mengikuti adalah salah satu dampak terbesar bagi peradaban manusia.

Ketika sebuah benda besar menghantam Bumi, itu menyebabkan guncangan berbahaya di atmosfer. Asteroid yang jatuh ke udara, seperti peristiwa Chelyabinsk 2013, dapat menyebabkan perubahan besar.

2. Ada radiasi termal

Ketika asteroid bertabrakan dengan benda yang lebih besar, mereka melepaskan banyak energi. Dengan energi ini Anda akan menghasilkan energi panas, sehingga manusia akan menghadapi banyak sekali kebakaran setelahnya.

Baca juga: NASA menyebut Bennu adalah asteroid yang terbuat dari puing-puing luar angkasa

3. Ini menyebabkan pergeseran seismik

Karena sebagian besar bumi dipenuhi lautan, atau sekitar 70 persen permukaan bumi, asteroid kemungkinan besar akan mendarat di Samudra Atlantik atau Pasifik. Hal ini akan memicu terjadinya gempa bumi yang selanjutnya dapat menimbulkan tsunami. Peneliti Inggris menemukan bahwa dari 50.000 simulasi, tsunami adalah penyebab kematian terbesar.

Written By
More from Hamal Hamid

Perekonomian RI bisa pulih lebih cepat dari Singapura dan Amerika Serikat, kenapa?

Jakarta, KOMPAS.com – Perekonomian Indonesia Sudah dikonfirmasi oleh banyak pihak yang akan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *