5 Fakta Hujan Meteor Leonid yang Muncul Sepanjang November

5 Fakta Hujan Meteor Leonid yang Muncul Sepanjang November

KOMPAS.com – sedang hujan meteor Ini merupakan salah satu fenomena langit yang paling umum dilihat oleh masyarakat, karena secara umum dapat diamati secara langsung.

Kali ini, muncul lagi fenomena langit berupa hujan meteor yang bisa dinikmati masyarakat Indonesia sepanjang malam di bulan November yaitu hujan. Meteorit Leonid.

Berikut 5 fakta menarik tentang hujan meteor Leonid:

1. Berasal dari Konstelasi Leo

Astronom amatir Indonesia Marufin Sudibio menjelaskan bahwa meteorit Leonid mendapatkan namanya karena tampaknya berasal dari satu titik di konstelasi Leo (Leo).

Pada tanggal 18 November Konstelasi Leo Itu naik sekitar pukul 01.00 di barat Samudra Pasifik di timur, agak jauh dari radian untuk mendapatkan pandangan terjauh dari ukuran meteor.

Baca juga: Fenomena langit November 2020: Ada asteroid, bahkan hujan meteor Leonid

2. Itu terjadi sepanjang bulan November

Sebagai informasi, hujan meteor di Leonid ini terjadi dari tanggal 6 November hingga 30 November setiap tahun, yaitu terjadi sepanjang malam bulan November setiap tahun.

Ini karena setiap kali Komet Temple-Tuttle melintas di dekat Bumi, orbitnya akan berangsur-angsur bergeser dari waktu ke waktu akibat interferensi gravitasi Jupiter.

Jadi, ada jalur debu dan pasir berbeda yang dilontarkan komet ini ke langit.

Bumi melintasi jalur yang berbeda ini antara 6 dan 30 November.

Meskipun hujan meteor akan terjadi selama sebulan setiap tahun di bulan November, hujan meteor paling hebat terjadi pada tanggal 17 dan 18.

“Karena saat itu rata-rata lintasan Komet Temple-Tuttle paling dekat ke Bumi,” kata Marovin kepada Kompas, Senin (11/10/2020).

Baca juga: Puncak hujan meteor di North Toreide, malam ini adalah waktu terbaik untuk mengamatinya

READ  Promo harga HP Samsung terbaru hari ini, diskon flagship sampai Rp 7 juta

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor