5 Fakta Misi Asteroid Bennu Osiris Rex: Okizon Techno

Pesawat Luar angkasa Osiris Rex Ia dilaporkan telah berhasil mendarat di asteroid Benno pada malam hari Selasa 20 Oktober. Pendaratan ini dalam rangka meluncurkan misi untuk mengambil sampel batuan untuk dibawa ke Bumi dan menelitinya. Sampel tersebut diklaim dapat memberikan rahasia tentang tata surya.

Lantas, apa sebenarnya Asteroid Benno itu? Sudah berapa lama misi ini direncanakan? Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang misi asteroid Bennu, seperti dirangkum oleh: CNETKamis (22/10/2020).

1. Misi dimulai pada tahun 2016

Konsep OSIRIS-REx sebenarnya sudah ada sejak 2004 dan diperkenalkan ke NASA. Setelah lebih dari satu dekade pengembangan, pesawat ruang angkasa akhirnya diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, pada 8 September 2016 dengan menggunakan Atlas V Rocket dari United Launch Alliance, sebuah perusahaan patungan antara Lockheed Martin dan Boeing. Pesawat ruang angkasa melanjutkan perjalanan 26 bulan berikutnya ke Benno, secara resmi mendarat pada 3 Desember 2018.

Baca juga: Pesawat Osiris Rex milik NASA berhasil mendarat di asteroid Bennu

2. Bennu adalah jendela ke masa lalu tata surya

Asteroid Bennu disebut sebagai tumpukan puing, yang berarti terbentuk di masa lalu kosmik yang dalam, ketika gravitasi perlahan mengumpulkan sisa-sisa tabrakan kuno. Bennu adalah jendela ke masa lalu tata surya. Sebab, tubuh Benno mengandung karbon yang membawa komponen penyusun planet dan kehidupan. Bennu juga dikabarkan telah berdampak di Bumi pada akhir abad ke-22.

3. Touch-And-Go adalah sistem bisnis OSIRIS-Rex

Rencana dasar misi tersebut adalah untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di sebuah situs bernama Nightingle di Bennu. OSIRIS-REx dilengkapi dengan tiga silinder nitrogen yang digunakan untuk melepaskan gas terkompresi di atap Bennu. Diharapkan hal ini akan menimbulkan debu, yang bisa terangkat oleh pesawat dan dikembalikan ke Bumi. Sistem bisnis ini disebut Touch-And-Go (TAG).

READ  Lihat proses OSIRIS-REx Ambil sampel dari Asteroid Bennu: Okezone techno

Baca juga: Video 3D NASA mengungkapkan bentuk sebenarnya dari asteroid Bennu

4. OSIRIS-Rex akan tetap berada di Bennu hingga akhir tahun 2020

Pesawat luar angkasa NASA ini akan tetap berada di atas asteroid Bennu hingga akhir tahun 2020. Kemudian akan melaksanakan latihan pemberangkatan tahun depan dan memulai perjalanan pulang dua tahun ke Bumi.

Baca juga: NASA siap mengungkap rahasia karbon di asteroid Bennu

5. Pesawat luar angkasa Jepang melakukan misi serupa

Pesawat ruang angkasa Jepang Hayabusa membawa partikel kecil dari asteroid 25143 Itokawa ke Bumi pada tahun 2010. Penggantinya Hayabusa-2 menembakkan peluru tembaga khusus ke asteroid Ryugu besar pada tahun 2019 dan menemukan beberapa fragmen. Spesimen sedang dalam perjalanan ke Bumi.

Written By
More from Hamal Hamid

Buat Meriding, Ini 7 Ikan Merayap Laut Dalam

Ikan laut dalam itu menakutkan. ((Instagram / rfedortsov_official_account) Hitekno.com – Laut dalam...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *