5 Tanaman Berdaun Hitam Elegan untuk Dekorasi Rumah

Jakarta, CNN Indonesia –

Hiasi rumah dengan tanaman hias sudah tidak aneh lagi untuk saat ini. Tapi, jangan berhenti menjelajah. Anda bisa mencoba mendekorasi rumah dengan beberapa pilihan tanaman berdaun hitam.

Tanaman berdaun hitam memang menjadi salah satu trend tanaman hias yang berkembang belakangan ini. Mulai dari tanaman Zamioculcas zamiifolia (ZZ) hitam ke Philodendron ‘kardinal hitam‘, tanaman daun hitam telah menangkap imajinasi kolektif masyarakat.

“Orang-orang sekarang menghabiskan banyak waktu di rumah, dan mereka hanya mencoba mempercantik ruangan mereka. Saya pikir mereka mencari spesimen unik yang mencolok dan sulit ditemukan,” kata Lisa Munoz, seorang desainer interior yang berfokus pada tanaman hias. Baik dan Baik.


Munoz merekomendasikan penempatan tanaman berdaun gelap di sekitar dinding berwarna terang. Cara lainnya, Anda bisa menempatkan tanaman berdaun gelap di samping tanaman dengan daun berwarna terang. “Dengan begitu akan berhasil [tanaman berwarna gelap] terlihat sangat menonjol, “katanya.

Berikut ini beberapa pilihan tumbuhan berdaun hitam untuk dicari.

1. Philodendron ‘kardinal hitam’

Philodendronkardinal hitam‘tumbuh dengan daun hijau kehitaman. Pada tahap awal pertumbuhannya, tanaman ini akan tampil dengan warna perunggu yang indah berkilau.

Tanaman ini cocok untuk hidup di daerah beriklim tropis atau subtropis. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Pohon karet Burgundy

Pohon karet Burgundy atau pohon karet merah anggur adalah tanaman hias dalam ruangan yang dilengkapi dengan daun tebal dan berkilau. Warnanya berkisar dari merah anggur hingga hampir hitam.

Berasal dari hutan hujan India dan Amerika Selatan, tanaman tropis ini dapat beradaptasi dengan suhu ruangan.

READ  Penelitian tentang Fosil Mastodon yang Bermigrasi dan Akhirnya Punah

Pohon gum merah anggur akan tumbuh subur dengan paparan cahaya terang yang konsisten. Banyak orang menempatkan pohon getah ini di dekat jendela di mana sinar matahari disaring dengan ringan oleh tirai. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya redup, namun daunnya akan memudar menjadi hijau muda.

3. Raven ZZ

Zamioculcas zamiifolia Raven atau ZZ raven adalah tanaman berdaun hitam lainnya untuk dipilih. Daunnya tumbuh dalam kisaran warna ungu kehijauan tua yang mendekati hitam.

Ilustrasi. Tanaman hias alocasia. (iStockphoto / Carita Liberato)

Tanaman yang berasal dari Afrika ini merupakan tanaman fleksibel yang tahan terhadap penyiraman yang tidak teratur. Di musim panas, misalnya, burung gagak ZZ akan tumbuh subur jika disiram hanya sekali setiap dua minggu. Yang pasti, biarkan tanah benar-benar kering sebelum disiram kembali.

Raven ZZ akan bertahan dalam kondisi cahaya yang sangat redup. Anda bahkan bisa meletakkannya di kamar mandi.

Namun agar bisa berkembang, letakkan gagak ZZ di sudut rumah yang terang tanpa perlu sinar matahari langsung. Letakkan di dekat jendela. Pastikan tanaman tidak terkena sinar matahari langsung pada saat jam cerah seperti pagi hingga siang hari.

4. Alocasia reginula ‘beludru hitam’

Reginula alokasia juga dikenal sebagai ‘beludru hitam‘karena warna hitam daunnya sangat kontras. Daun tanaman ini bertekstur seperti beludru dan agak kasar saat disentuh.

Tanaman yang memiliki tinggi hingga 40 sentimeter ini agak ‘rewel’ jika terlalu sering disiram. Tanaman ini rawan membusuk terutama saat disiram air.

Anda juga tidak perlu khawatir, tanaman ini bisa hidup meski tidak terkena sinar matahari langsung.

Namun perlu berhati-hati, tanaman ini beracun jika tertelan oleh manusia dan hewan.

READ  Asteroid 2011 ES4 Lebih Dekat ke Bumi, Akankah Berdampak Besar?

5. Ludisia menghitamkan ‘anggrek permata’

Menjadi salah satu varietas anggrek, Ludisia menghitamkan juga dikenal sebagai ‘anggrek permata‘atau anggrek permata.

Anggrek permata dikenal dengan warna merah dan hijau tua di dekat daun hitam. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih dan kuning pucat.

Ludisia tumbuh di kawasan hutan hujan tropis. Hal ini membuat mereka kurang menyukai cahaya alami. Terlalu banyak sinar matahari dapat menghilangkan karakteristik warna daunnya.

(asr)

[Gambas:Video CNN]

Written By
More from Masud Madani

Beginilah Cara Ahli Geologi Mengumpulkan Lava Gunung Berapi Aktif

Solotrust.com – Riset dan penelitian sering dilakukan untuk menemukan sesuatu. Selama proses...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *