mediabogor.com, Bogor – Semoga saja Kita tidak mengalami hal yang satu ini, namun terkadang sebagian orang memiliki masalah tidak bisa tidur atau yang sering disebut insomnia. Hal ini bisa menjadi masalah serius bagi siapa saja yang mengalaminya. Salah satu gangguan tidur ini disebabkan karena suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Insomnia bila dibiarkan bisa memperburuk produktivitas seseorang saat beraktivitas sehari-hari. Bagaimana mengatasinya? Dikutip dari oprah.com, Senin (2/10/2017), seorang profesor tamu Universitas Simon Fraser di British Columbia, Luc Beaudoin, PhD, menemukan cara untuk mengendalikan otak agar mudah untuk terlelap tidur saat malam hari.

Beaudoin mengatakan bahwa untuk menghilangkan insomnia, otak harus diarahkan perhatiannya menjauhi pikiran-pikiran yang membuatnya tejaga.

“Sistem kontrol tidur otak tidak perlu tahu apa yang sedang dipikirkan atau bayangkan… Seolah-olah sedang berhalusinasi,” ujarnya.

Beaudion juga memberikan beberapa trik sederhana untuk membantu seseorang untuk terlelap tidur, trik ini sudah diujikan kepada beberapa mahasiswanya. Dan hasilnya cukup efektif dibanding dengan trik menghitung mundur.

1. Pilih huruf secara acak.
2. Buat satu kata dari huruf depan yang dipilih, kemudian visualisasikan kata tersebut dalam pikiran.
3. Terus buat kata-kata baru yang diawali dengan huruf yang sudah dipilih, dan jangan lupa untuk membayangkannya. Misalnya memilih huruf A dengan kata pertama apel. Kemudian ada ayam, anggur, angsa, api, dan seterusnya.
4. Saat mulai merasa bosan, jangan langsung pindah ke huruf lain. Usahakan tetap mencari kata-kata dengan awalan huruf yang sudah dipilih.
5. Teruskan cara ini hingga mengantuk.

Menurut Beaudion, trik ini dapat membuat orang mengatuk dan kemudian tertidur dalam waktu kurang lebih 15-20 menit. Menurut American Academy of Sleep Medicine, sekitar 20 persen orang yang telah melakukan ini selama tiga bulan berhasil mengatasi insomnia yang dialaminya. Tertarik mencoba?

 

 

(sumber:detik.com)