7 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ada Hingga Saat Ini

7 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ada Hingga Saat Ini

TEMPO.CO, Jakarta – Pusat kota Majapahit terletak di antara desa Trowulan, 12 kilometer barat daya Mojokerto di Jawa Timur. Dengan pusatnya di Jawa Timur, kerajaan Majapahit banyak meninggalkan peninggalan sejarahnya di sekitar wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa situs Kerajaan Majapahit di Jawa Timur.

1. Candi Jabung

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Paiton, Jabung adalah sebuah pura yang terletak di desa dengan nama yang sama di Paiton Probolinggo. Mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, candi suci menghadap ke barat dengan tangga di sisi depan. Candi ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu kaki, badan dan atap.

Pada masanya, Candi Jabung dikelilingi oleh pagar yang terbuat dari batu bata merah, tetapi sekarang hanya ada satu sudut pagar di sisi barat daya candi dengan menara di tengahnya.

2. Situs Trowulan

Dikutip dari laman budaya kemdikbud.go.id, situs Trowulan merupakan satu-satunya situs perkotaan pada masa klasik di Indonesia. Situs tersebut meliputi wilayah Kecamatan Trowulan dan Soko di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Situs Trowulan merupakan bekas kota Kerajaan Majapahit yang dibangun di atas tanah datar di ujung tiga pegunungan yaitu Gunung Penanggungan, Welirang dan Anjasmara.

3. Candi Bajangratu

Candi Bajangratu terletak di Dukuh Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, sebagaimana tercantum dalam website Perpustakaan Candi. Candi ini masih menyimpan banyak misteri yang belum diketahui secara pasti, baik mengenai tahun pembuatannya, raja yang memerintahkan pembangunannya, maupun fungsinya.

Mengenai fungsi candi, diperkirakan Candi Bajangratu dibangun untuk menghormati Jayanegara. Dasarnya adalah karena adanya relief Sri Tanjung di kaki gapura yang menggambarkan kisah keagungan. Relief yang memuat cerita serupa juga ditemukan di situs lain, seperti di Candi Surawana.

READ  Serangan terhadap diplomat Nigeria di Indonesia

Bagian dalam candi membentuk koridor yang membentang dari barat ke timur. Tangga dan lantai lorong terbuat dari batu. Bagian dalam atap candi juga terbuat dari balok-balok batu yang disusun dengan arah utara-selatan, membentuk ruang sempit di bagian atas.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor