9 Negara Terkaya di Dunia 2020, Berapa Jumlah Indonesia? Semua halaman

9 Negara Terkaya di Dunia 2020, Berapa Jumlah Indonesia?  Semua halaman

KOMPAS.com Apa yang orang pikirkan ketika mereka memikirkannya Negara terkaya di dunia? Dan apa yang terlintas di benak mereka saat memikirkan negara terkecil di dunia?

Beberapa orang mungkin terkejut mengetahui bahwa negara-negara terkaya di dunia juga kecil.

Beberapa negara kecil tapi sangat kaya LuksemburgDan SingapuraDan SwissDan dan Irlandia Memanfaatkan keberadaan sektor keuangan yang maju dan sistem perpajakan yang membantu menarik investasi asing dan lapangan kerja profesional.

Baca juga: Indonesia adalah salah satu dari 10 besar negara penghasil emas, berapa banyak emas yang tersisa di bumi?

Negara lain suka QatarBrunei dan Kuwait memiliki cadangan hidrokarbon yang besar atau sumber daya alam yang menguntungkan.

Negara terbesar dengan populasi yang relatif kecil seperti Norway Dan Uni Emirat ArabKedua negara tersebut merupakan dua kekuatan utama di sektor energi yang kaya minyak dan gas, termasuk dalam daftar 10 negara terkaya menurut Dana Moneter Internasional (IMF).

Banyak hal yang menjadikan suatu negara sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan perkapita warganya hingga besaran Produk Domestik Bruto (PDB) -nya.

Baca juga: Siapakah Pemenang Hadiah Nobel 2020?

Berikut adalah daftar negara terkaya di dunia untuk tahun 2020, diadaptasi dari Global Finance:

1. Qatar

The Middle East Monitor / Anadolu Agency Warga Palestina mengibarkan bendera Qatar dan Palestina selama demonstrasi yang didukung oleh Qatar di Gaza, Juni 2017.

Negara di Timur Tengah ini adalah negara terkaya pertama di dunia dengan PDB berdasarkan paritas daya beli (PPP) $ 132.886.

Diketahui bahwa sumber kekayaan negara ini berasal dari cadangan minyak, gas dan petrokimia yang sangat besar, yang tidak dapat dibandingkan dengan jumlah penduduknya yang sangat sedikit, yang hanya 2,8 juta.

Dengan demikian, konstruksi bangunan berarsitektur ultra-modern menjadi pusat perbelanjaan yang begitu besar membuat Qatar masuk dalam daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun.

Akibat pandemi Covid-19 saat ini, Qatar juga menjadi salah satu negara yang terdampak dengan jumlah kasus terkonfirmasi melebihi 100.000.

Namun, mengherankan jika ekonomi terus tumbuh dalam jangka menengah di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022.

Baca juga: Perserikatan Bangsa-Bangsa: Sebagian besar negara gagal melindungi wanita selama epidemi Corona

2. Luksemburg

Ilustrasi transportasi kereta api di Luksemburg.cfl.lu Ilustrasi transportasi kereta api di Luksemburg.

Negara dengan jumlah penduduk 600 ribu jiwa ini berhasil menempati urutan kedua sebagai negara terkaya di dunia.

Terletak di jantung Eropa, negara berpenduduk sekitar 600.000 ini memiliki banyak hal yang ditawarkan, baik turis maupun warga negara.

READ  Iran menegaskan bahwa setiap serangan AS akan ditanggapi dengan tanggapan yang menghancurkan

Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi rakyatnya, yang sejauh ini menikmati standar hidup tertinggi di zona euro.

Namun, sementara krisis keuangan global dan tekanan dari Uni Eropa dan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan untuk mengekang kerahasiaan perbankan berdampak kecil pada perekonomian, wabah Covid-19 telah memaksa banyak perusahaan tutup dan orang menganggur.

Statec, Badan Statistik Nasional pemerintah, mengatakan pihaknya memperkirakan resesi akan sesingkat mungkin, dan pada tahun 2021, PDB negara itu akan pulih 7% dari -6% tahun ini.

Baca juga: Beberapa pengamatan tentang resesi Inggris …

3. Singapura

Massa penumpang yang mengenakan masker di dalam subway Singapura melewati Telok Ayer yang terletak di pusat kota, Sabtu sore (3/10/2020).  Tingkat infeksi Covid-19 harian di Singapura telah mencapai satu angka dengan akurasi 6 kasus untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir.KOMPAS.com/ ERICSSEN Massa penumpang yang mengenakan masker di dalam subway Singapura melewati Telok Ayer yang terletak di pusat kota, Sabtu sore (3/10/2020). Tingkat infeksi Covid-19 harian di Singapura telah mencapai satu angka dengan akurasi 6 kasus untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir.

Negara di Asia Tenggara ini berhasil menduduki negara terkaya ketiga di dunia.

Singapura adalah surga finansial yang berkembang di mana capital gain dan dividen dapat dikurangkan dari pajak.

Tapi bagaimana Singapura bisa begitu makmur?

Ketika negara-kota itu merdeka pada tahun 1965, separuh penduduknya buta huruf.

Dengan hampir tidak ada sumber daya alam, Singapura telah berhasil bangkit melalui kerja keras dan kebijakan cerdas untuk menjadi salah satu tempat paling ramah bisnis di dunia.

Saat ini, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat (dan yang terpenting, 97 persen populasi orang dewasa sekarang melek huruf).

Tapi itu tidak berarti bahwa mereka kebal terhadap efek penurunan global Pada kuartal kedua tahun ini, ekonomi turun 41 persen, mengirim negara ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

Baca juga: Pelajari tentang penyakit hemoragik kelinci yang ditemukan di Singapura

Ilustrasi Masjid Omar Ali Saifuddin Brunei Darussalam. Pixabay / Adam Hill Ilustrasi Masjid Omar Ali Saifuddin Brunei Darussalam.

Tidak hanya Singapura, negara Asia Tenggara lainnya juga berada di negara terkaya di dunia yaitu Brunei Darussalam.

Ternyata negara di bawah kepemimpinan Sultan Hassanal Bolkiah ini memiliki kekayaan yang luar biasa.

Diketahui bahwa kekayaan berasal dari cadangan minyak dan gas alam.

Diperkirakan kekayaannya sekitar $ 28 miliar atau setara dengan 392 triliun rupee.

Padahal, kekayaan ini lebih dari 50 kali lipat kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris.

Baca juga: Ketika negara-negara kaya minyak kehabisan uang …

READ  Dosen ini awalnya dituduh melakukan spionase, dan tampaknya telah ditahan oleh Iran karena berkencan dengan warga negara Israel

5. Irlandia

Pejalan kaki berjalan melewati pesan grafiti yang berisi pesan untuk mencuci tangan di Dublin, Irlandia, 13 Maret 2020. Wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona telah menginspirasi seniman grafiti untuk memperingatkan dan memotivasi warga untuk menghadapi virus.Agence France-Presse / Paul Faith Pejalan kaki berjalan melewati pesan grafiti yang berisi pesan untuk mencuci tangan di Dublin, Irlandia, 13 Maret 2020. Wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona telah menginspirasi seniman grafiti untuk memperingatkan dan memotivasi warga untuk menghadapi virus.

Sepertinya tidak ada yang bisa menghentikan pertumbuhan negara-negara di kawasan Eropa.

Sementara seluruh Eropa menghadapi semua jenis ketidakpastian seperti Brexit, ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat, dan krisis pengungsi dan migran, ekonomi Irlandia sedang meningkat.

Irlandia menduduki peringkat keenam dengan paritas PDB sebesar US $ 83.399 atau setara dengan Rs. 1.1 miliar.

Pada 2019, sementara zona euro tumbuh hanya 1,2 persen, Irlandia meningkat lebih dari 5,5 persen, memperkuat perannya sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di benua itu.

Baca juga: Sejarah tempe, makanan kaya protein lahir di era tanam paksa

6. Norwegia

Pemburu paus menembakkan tombak untuk membunuh paus minke.  Selama Covid-19, daging ikan paus meningkat di Norwegia.Hak atas foto Myklebus Whale Products via BBC Pemburu paus menembakkan tombak untuk membunuh paus minke. Selama Covid-19, daging ikan paus meningkat di Norwegia.

Sejak proposal besar ditemukan di luar negeri pada akhir 1960-an, minyak telah menjadi mesin penggerak ekonomi Norwegia.

Sebagai salah satu produsen minyak terbesar di Eropa Barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga.

Namun tidak lagi setelah harga turun ditambah pandemi global yang membawa perekonomian terpuruk.

Sekarang, perekonomian yang bergantung pada ekspor ini menghadapi resesi pertamanya sejak krisis keuangan global. Apakah ini berarti kekayaannya akan berkurang secara signifikan?

Sepertinya tidak. Pada bulan Juni, hanya beberapa minggu setelah memotong suku bunga menjadi nol, gubernur bank sentral negara tersebut mengatakan dia terkejut dengan kecepatan dan kekuatannya Pemulihan Ekonomi dalam produktivitas.

Baca juga: Sejarah tempe, makanan kaya protein lahir di era tanam paksa

7. Uni Emirat Arab

Gedung Kota Dubai dari lantai 148 Gedung Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (27/10/2017).  Burj Khalifa berada 868 meter atau 2.717 meter di atas permukaan laut.  Burj Khalifa sendiri dua kali tinggi Menara Eiffel di Paris dan lebih tinggi dari Gunung Bromo jika diukur dari permukaan laut.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Gedung Kota Dubai dari lantai 148 Gedung Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (27/10/2017). Burj Khalifa berada 868 meter atau 2.717 meter di atas permukaan laut. Burj Khalifa sendiri dua kali tinggi Menara Eiffel di Paris dan lebih tinggi dari Gunung Bromo jika diukur dari permukaan laut.

Pertanian, perikanan, dan mutiara komersial pernah menjadi andalan perekonomian negara. Kemudian minyak ditemukan pada 1950-an dan itu membuat segalanya berubah.

Saat ini, penduduk kosmopolitannya menikmati kekayaan yang melimpah dan arsitektur Islam tradisional bercampur dengan pusat perbelanjaan mewah.

Dan para pekerja dari seluruh dunia terpikat dengan upah bebas pajak sambil menikmati teriknya sinar matahari sepanjang tahun karena hanya sekitar 20 persen dari populasi yang tinggal di negara tersebut yang lahir secara lokal.

READ  Gring! Pengadilan Amerika menyelidiki kasus Biden, ada apa?

Ekonomi UEA semakin terdiversifikasi.

Selain sektor migas yang secara tradisional dominan, terdapat sektor lain seperti perdagangan dan keuangan, serta konstruksi dan pariwisata yang menjadi industri utama.

Baca juga: Tragedi minyak di Mauritius dan perjuangan ayah lumba-lumba untuk menyelamatkan anaknya …

8. Kuwait

KuwaitShutterstock / Arlo Magickman Kuwait

Gurun Arab yang datar menutupi sebagian besar Kuwait.

Baru pada tahun 1938 minyak ditemukan di bawah pasir.

Dengan cadangan minyak yang besar, Kuwait memiliki lebih dari 6 persen dari total cadangan global.

Industri minyak saat ini menyumbang sekitar 40 persen dari PDB negara dan lebih dari 90 persen ekspornya.

Baca juga: Ketika rudal Iran menaikkan harga minyak dan stok menipis …

Dengan populasi sekitar 4,1 juta orang yang hampir seluruhnya terkonsentrasi di daerah perkotaan, negara kecil di tepi utara Teluk Persia ini adalah salah satu negara Timur Tengah yang paling maju dan demokratis.

Namun, sejarah rendahnya harga minyak yang tercatat beberapa tahun terakhir ini mulai menimbulkan kekhawatiran.

Pada 2015, pemerintah mengumumkan defisit anggaran pertamanya dalam lebih dari satu dekade, dengan beberapa lainnya menyusul.

Baca juga: Kekaisaran Sunda, Istana Agung Agung, kisah lama properti bank Swiss masih terulang

9. Swiss

Peternakan terletak di Malters, Lucerne, Swiss tengahKOMPAS.com/Krisna Diantha Peternakan terletak di Malters, Lucerne, Swiss tengah

Negara terkaya kesembilan di dunia adalah negara yang terkenal dengan coklat putihnya, Swiss.

Sekarang, bagaimanapun, negara berpenduduk 8,6 juta ini “berhutang banyak” pada perbankan, asuransi dan pariwisata.

Selain itu, sektor ekspor juga mencakup produk farmasi, batu permata, logam mulia, instrumen, dan mesin presisi (mulai dari jam tangan hingga peralatan medis dan komputer).

Apakah sungguh tidak mengherankan jika Swiss memiliki kepadatan jutawan tertinggi di dunia?

Pasalnya, dari setiap 100.000 penduduk terdapat 9.428 orang (termasuk miliuner), yaitu hanya 11,8% dari total penduduk dewasa.

Datang ke pertanyaan, Indonesia Berapa peringkat negara terkaya di dunia tahun 2020?

Berdasarkan data tersebut, Indonesia berhasil masuk dalam daftar 100 perusahaan teratas yaitu serial number 98 dengan paritas PDB sebesar 13.998 USD atau setara dengan 195 juta rupee.

Baca juga: Indonesia adalah salah satu dari 10 besar negara penghasil emas, berapa banyak emas yang tersisa di bumi?

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor