mediabogor.com, Bogor – Satu dari delapan kitab suci Al – quran terkecil di dunia ini, ternyata berada di Kampung Parakan Kembang, Rt.03/09, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Menurut pengakuan sang pemegang Al – quran mini, KH TB Muhammad Tamyiz, S.Pd.I atau biasa disapa Abah, Al – quran mini yang terbuat dari tinta emas tersebut merupakan warisan yang diwasiatkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Lanjut Abah yang ditemui di tempat kediamannya, Rabu (07/06/17), menuturkan, diperkirakan usia dari Alquran ini, sudah mencapai sekitar 500 tahun atau lima abad.

“Walaupun ada yang menawarkan hingga Rp 1miliar tidak akan saya jual, karena ini amanah turun – menurun yang harus dijaga,” tuturnya kepada mediabogor.com.

Foto: Rangga.rj

Abah yang merupakan keturunan ke – empat ini, memberitahukan lebih lanjut, bahwa Al – quran tersebut keturunan dari penyiar agama Islam di tanah Jawa, Pangeran Wijaya Kusuma, anak dari Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah.

“Pemegang pertama yakni Pangeran Wijaya Kusuma yang merupakan buyut saya, kemudian turun ke Haji Tubagus Harun Arrasyid kakek, lalu diturunkan lagi ke Haji Mithahudin ayah saya, dan kemudian sekarang diturunkan ke saya,” pungkasnya.

Foto: Rangga.rj

Sampai sekarang Al – quran itu masih tersimpan dengan baik dan terus akan dilestarikan. (RF)