Ada kesepakatan yang bisa dinegosiasikan sebanyak 4,49 juta lot, Apakah Jago Bank Gopay?

Ada kesepakatan yang bisa dinegosiasikan sebanyak 4,49 juta lot, Apakah Jago Bank Gopay?

Jakarta, CNBC Indonesia Saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) berhasil diapresiasi pada perdagangan hari ini (14/12/20), dan saham layanan perbankan digital ini berhasil naik 11,87% pada perdagangan hari ini. Kenaikan ini melanjutkan rally yang kuat untuk Bank Jago pada hari Kamis dan Jumat dua minggu lalu karena semua ARTO pada hari itu berhasil melonjak sebesar 13,40% dan 22,73%.

Tentu saja, kenaikan harga saham ARTO yang mendadak ini menimbulkan tanda tanya di kalangan pelaku pasar. Setelah diselidiki, ternyata kenaikan ARTO itu karena adanya tawar-menawar yang besar di pasar negosiasi, Kamis lalu.

Data perdagangan mencatat bahwa transaksi besar muncul di pasar negosiasi, yaitu transaksi Transit Oleh PT Trimegah Sekuritas (LG) dengan total transaksi 4,49 juta lot ARTO seharga Rp1.150 / unit. Kesepakatan ini sendiri menyumbang 4,13% dari total saham yang diperdagangkan di ARTO.


Bahkan sebelumnya (12/3/20), tercatat ada transaksi di pasar negosiasi yang bahkan lebih besar, yakni 11,87 juta lot saham ARTO senilai Rp 2,25 triliun yang merupakan 10,93% dari total saham ARTO pada harga jual. Mulai dari IDR 1.671 / unit hingga IDR 2.065 / unit.

Para pembeli saham ARTO sendiri datang dari PT Trimegah Sekuritas (LG), PT CGS-CIMB Sekuritas (YU), PT Indo Premier Sekuritas (PD), PT Ciptadana Sekuritas (KI), PT Citigroup Sekuritas (CG) dan PT Bahana Securities (DX) ) Sedangkan pihak terlaris adalah PT Erdikha Elit Sekuritas (AO) dan dia pelanggan ARTO dan PT Trimegah Sekuritas (LG) melakukan ini Transit.

Rumor beredar di kalangan pelaku pasar sendiri bahwa PT Karya Anak Bangsa alias Gojek masuk melalui pasar negosiasi. Namun, belum diketahui apakah kesepakatan itu akan dilakukan oleh Gojek atau Gopay, sayap bisnis Gojek di dompet digital dan layanan keuangan.

READ  Harga emas di Antam stabil di level Rp 1.006.000 per gram pada Minggu (27/9).

Namun transaksi temporer ini baru mencapai 4%, sehingga regulator tidak perlu mengeluarkan keterbukaan informasi agar kepemilikannya tidak diungkapkan dalam laporan kepemilikan saham.

Namun, masih beredar rumor di kalangan pelaku pasar modal bahwa Gojek atau Gopay akan masuk ke Arto Bank dengan kepemilikan lebih dari 20%.

Itu terjadi sebelumnya Transit Sebagian besar saham ARTO di PT Erdikha Elit Sekuritas (AO) pada 28 April 2020 senilai 4 juta lembar saham ARTO senilai Rp 58 miliar.

Bulan itu, saham pemegang saham mencurigakan yang memiliki lebih dari 5% saham di ARTO seperti Jetway Wealth Management Limited, Lion Glory Pte Ltd, Qilora Investments (Cayman) Ltd, Akta Asset Limited dan Ephesus United Corp. menghilang dari laporan pendaftaran pemegang saham bulanan. Artinya, perusahaan-perusahaan tersebut tidak lagi memiliki 5% saham ARTO.

Kelima perusahaan tersebut diduga sebagai perusahaan cangkang Kendaraan tujuan khusus (SPV). Pelaku pasar sendiri menganggap kerugian kelima perusahaan tersebut dari daftar pemegang saham karena saham tersebut dikabarkan akan dibagi ke dalam perusahaan cangkang lain melalui kesepakatan negosiasi dengan kepemilikan kurang dari 5%. Pemilik terakhir Dari perusahaan fiktif, Gojek, siap mengikuti HMETD Januari mendatang.

ARTO berencana untuk mengimplementasikannya Masalah yang benarPada bulan Januari ini siap menerbitkan hingga 3 miliar saham baru dengan nilai nominal Rs.100 / unit dengan tanggal berakhirnya saham berhak atas Hak Prioritas (HMETD) pada 22 Januari 2021.

Skenario harga Baik Penerbitan Jika target modal utama yang ingin dihimpun ARTO adalah Rp 2 triliun untuk memenuhi Peraturan OJK No.12 / POJK.03 / 2020 terkait konsolidasi bank umum hanya untuk tahun 2021 maka Masalah yang benar Kemungkinan akan dieksekusi dengan harga sekitar Rs 260 / unit rasio dari 3 saham lama untuk memperoleh hak membeli 1 saham baru.

READ  Di tengah pandemi, BUMI telah mencapai US $ 2,77 miliar

Sedangkan jika modal dasar yang akan dihimpun sebesar Rp3 triliun untuk pemenuhan kebutuhan modal dasar secara penuh, maka harga eksekusi kemungkinan berada pada kisaran Rp 593 / unit dengan rasio 3 saham lama berhak membeli 1 saham baru.

[Gambas:Video CNBC]

(Drum / drum)


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor